Pokja Komunitas OKU Timur Canangkan Lokalatih Jurnalistik

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Didasari sebuah pemikiran yang sama dari para pemuda-pemudi OKU Timur yang tergabung dalam Kelompok Kerja (Pokja) Komunitas OKUT, maka munculah ide kreatif untuk mencanangkan kegiatan Lokalatih Pembuatan Video dan Jurnalisme Komunitas. Kegiatan tersebut rencananya akan berlangsung pada 10 September 2017 mendatang di Bengkel Kreatif ‘Lorong Mandiri’, tepatnya di ruas jalan lintas Sumatera RT 003 RW 004, Kelurahan Terukis Rahayu, Kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Timur.

Perlu diketahui sebelumnya, Pokja Kreatif OKU Timur itu sendiri merupakan wadah yang menampung beragam komunitas yang ada di Bumi Sebiduk Sehaluan. Adapun komunitas yang tergabung antara lain meliputi komunitas IPNU OKU Timur, MATIC 17, PERBASI, Garuda KPPRI , FKH ‘Cindo Nian’, Karang Taruna, MPII,  PPI, KBFKPPI, PMI, Pramuka, CAT, Trabas, Veot , IPPNU, Pendamping Desa, BEM Se-OKU Timur serta IPPMI Sumsel.

Ketika dikonfirmasi, Rabu (23/8/2017), Rio Susanto, SE selaku pembina Pokja Kreatif OKU Timur mengatakan, kegiatan Lokalatih Jurnalistik ini dilakukan atas beberapa dasar pemikiran dan kondisi. Mengingat sejauh ini penggunaan media masa dan media sosial sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, khususnya para pemuda dan pemudi.

“Kegiatan kolaborasi besar ini dilakukan atas pemikiran bersama mengingat di zaman sekarang ini media masa dan media sosial menjadi bahan informasi dan referensi pengetahuan masyarakat serta juga bahan pembelajaran bagi masyarakat. Maka dari itu bagi para penggunanya perlu pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola media masa dan media sosial agar lebih bermanfaat,” katanya.

Rio berharap, dengan adanya kegiatan ini nantinya mampu memberikan pembelajaran untuk pemuda dan pemudi dalam mengelola media sosial dan media masa dengan memenuhi kriteria dan kaidah yang berlaku. Selain itu juga dapat menjembatani keterbatasan pengetahuan tentang pengelolaan dan pemanfaatan media informasi itu sendiri.

“Saya berharap pemuda dan pemudi mampu meningkatkan keterampilan dalam membuat naskah, photografi dan video dengan menggunakan peralatan yang sederhana serta mampu membangun budaya menulis dan mendokumentasikan kegiatan bagi komunitas. Sehingga dapat menjembatani keterbatasan pengetahuan tentang pengelolaan dan pemanfaatan media informasi,” harapnya.

Sementara, Koordinator umum Lokalatih Jurnalistik Muhammad Mukhlis menyampaikan, bahwa kegiatan ini terdiri dari berbagai tahapan yang meliputi, PraKegiatan (Menyusun Kerangka Acuan, Membentuk Pokja, Penyiapan Admanistrasi, Menghimpun Pendanaan. Dan Pelaksanaan (Opening, Paparan Materi; Dasar Jurnalisme, Media Sosial Kreatif, Menulis Berita, Teknik Membuat Video Pendek, Teknik Photograpi, Praktek, Menyusun RKTL). Yang terakhir Paska Kegiatan (Pelaksanaan RKTL, Monitoring & Evaluasi, Pembinaan, Pelaporan).Tak lupa, dirinya juga menambahkan bagi pemuda dan pemudi yang ingin ikut serta dalam kegiatan ini dapat mendaftar diri dengan menghubungi nomor handphone panitia M. Muhklis 085609559591 dan N Amir 085809939107.

“Kegiatan lokalatih dinilai sebagai salah satu cara efektif dalam mentransfer  pengetahuan dan keterampilan bagi anggota komunitas dan lainnya. Serta Sebagai implementasi langkah pembinaan yang berkelanjutan maka di akhir kegiatan, masing-masing peserta umum atau perwakilan delegasi komunitas akan diberikan waktu periodik untuk menyusun sebuah naskah, foto, atau video. Hasil karya terbaik akan diberikan penghargaan dan pembinaan kemitraan,” imbuhnya.