KABAROKUTIMUR.COM | JAKARTA – Tim nasional Indonesia akan menghadapi Kamboja Kamis (24/8/2017) sore nanti. Partai ini menentukan lolos atau tidaknya Skuat Garuda ke babak berikutnya.

Partai Indonesia vs Kamboja tersebut akan dihelat di Shah Alam Stadium, Shah Alam, pukul 16.00 waktu setempat, atau pukul 15.00 WIB, berbarengan dengan dua partai lain di Grup B; Timor Leste vs Filipina dan Thailand vs Vietnam.

Dari grup tersebut, dua tiket lolos ke semifinal masih diperebutkan antara Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Itu mengapa kemenangan saja bisa jadi tak cukup untuk Indonesia guna memastikan tiket lolos.

Saat ini Indonesia menempati peringkat ketiga papan klasemen dengan 8 poin dan surplus empat gol (+4). Di atasnya ada Thailand dengan 10 poin dan surplus enam gol (+6), dan Vietnam yang juga punya 10 poin tapi surplus 11 gol (+11).

Dari gambaran tersebut maka skenario lolos Indonesia adalah:

– Indonesia lolos jika mengalahkan Kamboja dan partai Thailand vs Vietnam menghasilkan pemenang/tidak berakhir seri. Dalam skenario ini Indonesia akan memiliki 11 poin, sementara salah satu dari dari Thailand atau Vietnam bakal ada yang tertahan di 10 poin.

Indonesia lolos sebagai runner-up di bawah pemenang laga Thailand vs Vietnam dalam skenario pertama ini.

– Jika Thailand vs Vietnam berakhir imbang, membuat kedua tim sama-sama punya 11 poin, Indonesia bukan cuma harus menang atas Kamboja (demi menyamai jumlah 11 poin) melainkan harus mencetak sejumlah banyak gol demi melewati keunggulan selisih gol rival terdekatnya.

Dalam skenario ini, kemenangan minimal tiga gol tanpa balas atas Kamboja bisa memastikan Indonesia lolos. Hal itu dikarenakan surplus gol Indonesia menjadi tujuh (+7) sementara Thailand, yang dalam skenario ini diandaikan berimbang dengan Vietnam, masih akan punya surplus enam gol (+6).

Indonesia juga lolos sebagai runner-up dalam skenario kedua ini, dengan Vietnam jadi juara grup.

– Indonesia bisa lolos ke semifinal sebagai juara grup jika mengalahkan Kamboja dengan selisih minimal delapan gol, sedangkan Thailand vs Vietnam berakhir imbang.

Kondisi ini mirip-mirip dengan skenario kedua. Bedanya, surplus gol Indonesia akan menjadi 12 (+12) untuk melampaui Vietnam, yang dalam skenario ini diandaikan berimbang dengan Thailand, dengan surplus gol 11 (+11). Indonesia lolos sebagai juara grup dan Vietnam jadi runner-up di skenario ini.

Secara garis besar, untuk memastikan kelolosan maka skuat besutan Luis Milla bukan cuma wajib menang atas Kamboja melainkan juga membidik banyak gol demi mengamankan jalan ke semifinal.

Pemenang dan runner-up dari Grup B ini sendiri sudah ditunggu lawannya masing-masing dari Grup A, yang telah menyelesaikan seluruh pertandingannya, Rabu (23/8) kemarin. Malaysia lolos sebagai juara grup, sementara Myanmar jadi runner-up.

Di semifinal nanti, yang dimainkan di hari Sabtu (26/8), juara Grup B akan menghadapi Myanmar sedangkan runner-up Grup B harus melawan tuan rumah Malaysia. (krs/din)

 

Sumber: detiksport