Skema Tiga Bek Indonesia Bukan Opsi untuk Hadapi Malaysia

Timnas Indonesia usai mengalahkan Kamboja (Foto: Sigid Kurniawan/AntaraFOTO)

KABAROKUTIMUR.COM – Luis Milla mengubah pola permainan Indonesia jadi tiga bek di fase akhir laga melawan Kamboja. Tapi ini bukan sebuah opsi yang disiapkan untuk semifinal.

Dalam kemenangan 2-0 atas Kamboja di Stadion Shah Alam, Kamis (24/8/2017) sore, Indonesia memainkan pola tiga bek di 10 menit terakhir. Ryuji Utomo masuk menggantikan Septian David Maulana untuk menemani Hansamu Yama dan Andi Setyo di belakang.

Mengingat selama ini Milla selalu menerapkan pola empat bek di formasi 4-2-3-1 atau 4-3-3, pola tiga bek itu jadi hal baru. Tapi dia memastikan pola itu tak secara khusus disiapkan untuk menghadapi Malaysia di semifinal nanti.

“Tidak. Bermain dengan tiga bek itu bukan gaya kami. Masuknya Ryuji itu supaya kami memberikan dia kesempatan bermain dan juga Septian sudah memainkan banyak pertandingan, sehingga saya ingin mengistirahatkan dia,” kata Milla via penerjemah.

“Di mana pada kesempatan tadi di 10 menit terakhir, saya ingin memperkuat lini tengah saya, idenya adalah seperti itu. Sebagai pelatih kita harus bisa mebgerti situasi pertandingan, di mana kita sudah tahu tadi bahwa Thailand menang 3-0 dan di situ sebagai pelatih kita harus beradaptasi dengan kondisi di lapangan mau pakai strategi apa, dua penyerang atau tiga bek misalnya,” imbuh dia.

Indonesia akan berhadapan dengan Malaysia di partai semifinal pada hari Sabtu (26/8). Tuan rumah Malaysia lolos ke empat besar sebagai juara Grup A. (raw/krs)

 

Sumber: detiksport