Irjen Pol Zulkarnain Pulang Kampung, Kapolri Mutasi Kapolda Sumsel

KABAROKUTIMUR.COM | SUMSEL – Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengganti Irjen Pol Agung Budi Maryoto dari jabatan Kapolda Sumsel.

Sebagai gantinya, Kapolri menunjuk Irjen Pol Zulkarnain (55). Hal tersebut masuk dalam telegram rahasia terkait mutasi perwira Polri, Jumat (25/8).

Dalam telegram bernomor ST/2032/VIII/2017 itu, sebanyak 87 perwira menengah dan tinggi digeser dari posisinya.

Salah satunya yakni Irjen Pol Agung Budi Maryoto.

Ia menjabat Kapolda Sumsel sejak Desember 2016. Kini, Agung dimutasi ke jabatan baru sebagai Kapolda Jawa Barat.

Posisinya di Sumsel akan digantikan oleh Irjen Zulkarnain yang sebelumnya merupakan Kapolda Riau.

Dilansir dari Wikipedia, Zulkarnain, merupakan putra Sumsel. Ia lahir di Belitang Madang Jaya, OKU Timur, 31 Oktober 1961. Jenderal bintang dua ini merupakan AKABRI angkatan 1985.

Ditunjuknya Irjen Pol Zulkarnain, berarti jenderal bintang akan bertugas di kampungnya sendiri.

Irjen Zulkarnain sangat berpengalaman di bidang intelejen. Ia juga pernah mengenyam pendidikan di Sumsel dan juga pernah kuliah di Unsri tahun 2005 lalu.

Sebelum Kapolda Riau, Zulkarnain juga pernah menjabat posisi penting lainnya, seperti Kapolda Maluku Utara (2015), Karowassidik Bareskrim Polri (2014), Analis Kebijakan Utama bidang Sosbud Sahli Kapolri (2014), Dir Kerjasama dan Humas PPATK (2013).

Selain posisi Kapolda, ada pula pergeseran sejumlah posisi di Polda Sumsel.

Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Asep Suhendar digantikan Brigjen Pol Bimo Anggoro Seno, yang sebelumnya bertugas di Waket Bidakademik STIK Lemdikpol.

Brigjen Asep akan bertugas ditempat yang baru menduduki jabatan Sahlijemen Kapolri.

Begitu pula dengan Dirkrimsus Kombes Pol Irawan David Syah dimutasi menjadi Kabaganev RO PID Divhumas Polri, penggantinya adalah Kombes Pol Rudi Setiawan yang sebelumnya menjabat sebagai Direskrimsus Polda Lampung.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Martinus Sitompul membenarkan mutasi tersebut.

Menurut dia, pergeseran posisi perwira Polri merupakan kegiatan rutin dalam regenerasi organisasi. Martinus mengatakan, beberapa di antaranya digantikan karena memasuki masa pensiun.

“Mutasi juga merupakan penyegaran bagi sebuah organisasi untum mengoptimalkan dan meningkatkan kinerja,” kata Martinus.

Sementara Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto ketika dikonfirmasi belum memberikan jawaban, terkait mutasi dirinya dan menjabat sebagai Kapolda Jabar.

Tak hanya Kapolri, Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto juga melakukan perombakan terhadap jajaran di lingkungan Polda Sumsel.

Melalui surat telegram Kapolda Sumsel nomor ST/1086/VIII/2017 dan ST/1087/VIII/2017, setidaknya sebanyak 210 perwira pertama dan perwira menengah dirotasi. (*)

Sumber: Sriwijaya Post