Ilustrasi lakalantas
loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Selama priode Januari-Agustus 2017 jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Kabupaten OKU Timur sebanyak 13 orang. Demikian diungkapkan Kapolres OKU Timur melalui Kasatlantas didampingi Kanit Laka Ipda Kahar dikonfirmasi Minggu (27/8/2017).

Menurut Kahar, kasus kecelakaan lalu lintas di Kabupaten OKU Timur mengalami penurunan dibandingkan tahun 2016 lalu sebanyak 35 persen. Demikian juga dengan korban meninggal dunia juga mengalami penurunan sebanyak 45 persen. Korban luka ringan menurun 20 persen. Sedangkan untuk korban luka berat mengalami kenaikan 25 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Jika pada tahun 2016 lalu jumlah kecelakaan lalu lintas sebanyak 42 kasus dengan rincian korban meninggal dunia sebanyak 27 orang dan luka berat sebanyak tujuh orang serta luka ringan sebanyak delapan orang. Sedangkan pada tahun 2017 jumlah kasus laka lantas hanya 29 kasus dengan jumlah korban meninggal dunia sebanyak 13 orang, luka berat sebanyak 11 orang dan luka ringan sebanyak lima orang,” katanya.

Dikatakan Kahar, Lakalanatas yang terjadi di OKU Timur hingga saat ini masih didominasi oleh kendaraan roda dua yang disebabkan oleh rendahnya kesadaran dalam tertib berlalu lintas mulai dari penggunaan helm, mendahului ditempat yang salah hingga melebihi muatan dalam berboncengan.

“Banyak pengendara sepeda motor yang melakukan pelanggaran seperti tidak memasang kaca spion, menggunakan knalpot racing dan pelanggaran-pelanggaran lainnya yang dapat memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas,” terangnya.