Pegawai Bisa Pinjam di KPN Korpri Hingga Rp300 Juta

loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Korpri Sebiduk Sehaluan Kabupaten OKU Timur yang diresmikan oleh Bupati OKU Timur HM Kholid MD siap memberikan pinjaman kepada pegawai hingga Rp. 300 Juta. Hal itu tentu saja memberikan angin segar kepada pegawai yang membutuhkan pinjaman untuk modal dalam menjalankan usaha.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD beserta rombongan saat meninjau kesiapan koperasi KPN Korpri Sebiduk Sehaluan

Menurut Ketua KPN Korpri Sebiduk Sehaluan, Yunizir SP usai peresmian KPN Korpri Sebiduk Sehaluan Senin (4/9/2017) pihaknya sudah memiliki unit usaha simpan pinjam dan waserda atau warung serba ada. Anggota koperasi kata dia, bisa mendapatkan pinjaman dengan nilai mulai dari Rp. 5 Juta hingga Rp. 300 Juta.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat menandatangani kesepakatan

“Produk pinjaman kita mulai dari pinjaman reguler dengan maksimal pinjaman Rp. 5 Juta, lalu pinjaman khusus dengan maksimal pinjaman Rp. 50 Juta dan pinjaman chaneling yang dibiayai oleh pihak ketiga dengan pinjaman maksimal hingga Rp. 300 Juta. Untuk pinjaman chaneling ini kita menggandeng Bank Syariah Mandiri (BSM),” katanya.

Menurut Yunizir, KPN Korpri Sebiduk Sehaluan membidik seluruh PNS atau ASN untuk menjadi anggota koperasi yang bertujuan untuk memberikan sarana berinvestasi yang aman, nyaman dan menguntungkan. Disamping itu untuk memberikan pinjaman permodalan yang saling memberikan keuntungan.

penandatangan kesepakatan usai peresmian koperasi KPN Korpri Sebiduk Sehaluan

“Melalui koperasi kita menciptakan peluang dan lapangan kerja bagi masyarakat pada umumnya,” ungkapnya.

Sementara Ketua Badan Pengawas KPN Korpri Sebiduk Sehaluan Drs H Idhamto Dipl Ing MSi menambahkan, KPN Korpri Sebiduk Sehaluan merupakan wadah untuk 7.500 lebih PNS atau ASN yang ada di OKU Timur termasuk guru dan tenaga kesehatan untuk berinvestasi.

“Selama ini Koperasi hanya ada untuk pegawai yang ada di Sekretariat Pemkab OKU Timur saja, namun karena pengelolaannya tidak transparan dan tidak ada rapat tahunan maka koperasinya tidak aktif dan tutup. Sekarang kita dirikan koperasi untuk seluruh PNS, dimana kepengurusannya harus transparan baik keuangan maupun pelayanan anggota karena koperasi dari anggota untuk kesejahteraan anggota,” ujar Idhamto.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat menyampaikan sambutan dalam peresmian KPN Korpri Sebiduk Sehaluan

Sedangkan Bupati HM Kholid MD dalam sambutannya mengatakan, koperasi di OKU Timur jumlahnya sangat banyak, tapi banyak juga yang tidak sehat. Untuk menjadi koperasi yang sehat, baik pengurus maupun anggota harus memiliki kejujuran.

“Koperasi harus mampu menjawab persoalan-persoalan yang ada selama ini. Kita himbau pinjaman yang dilakukan dapat digunakan untuk modal usaha, bukan untuk kegiatan konsumtif,” ucapnya.