Anak Petani Desa Tanah Merah BMR OKUT Akhirnya Resmi Menjabat Kapolda Sumsel.. Ini hal Pertama yang Dilakukannya

KABAROKUTIMUR.COM | SUMSEL –Jabatan Kapolda Sumsel resmi dijabat oleh Irjen Pol Drs Zulkarnain Adinegara menggantikan posisi Irjen Pol Drs Agung Budi Maryoto, MSi yang akan menjabat Kapolda Jawa Barat. Sesuai dengan isi Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/2032/VII/2017, Tanggal 25 Agustus 2017.

Irjen Pol Zulkarnain merupakan anak ke dua dari delapan bersaudara yang lahir di Desa Tanah Merah, Kecamatan Belitang Madang Raya (BMR), Kabupaten OKU Timur Timur pada 55 tahun lalu. Kedua orang tua jenderal bintang dua ini merupakan petani yang mengandalkan kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan pendidikan dari hasil bertani.

Kehidupannya serba pas-pasan dan jauh dari gelimang harta, membuatnya sering terlambat membayar uang sekolah sehingga menyebabkan Zulkarnain sering ditindak pihak sekolah karena keterlambatannya membayar uang sekolah tersebut.

Kondisi perekonomian yang cukup memprihantinkan menjadikan Zulkarnain terus berupaya sekuat tenaga untuk menjadi orang yang Sukses sehingga bisa membantu dan menopang keluarganya. Kegigihannya dalam mengejar cita-cita akhirnya membuahkan hasil hingga berhasil menjadi polisi dengan menyandang pangkat bintang dua.

Zulkarnain sejak menjadi seorang polisi selalu bercita-cita untuk menjadi Polisi yang Rahmatan Lil ‘Alamin, serta menjadi contoh dan panutan yang baik.

“Polisi hadir bukan sebagai perusak, namun menjadi abdi yang baik untuk masyarakat,” katanya.

Biodata:

Nama                                 : Irjen Pol Drs. Zulkarnain Adinegara
Tempat, Tanggal Lahir         : Tanah Merah (OKU Timur )/ 31 Oktober 1961
Suku/Bangsa                      : Komering
Agama                                : Islam

Pendidikan

POLRI

1.AKPOL Semarang (1985)
2. PTIK Jakarta (1993)
3. ESPIM POLRI (2000)
4. SESPATI Angkatan XV (2008)
5. Lemhanas 48 (2012)

Kejuruan
1. PA DAS INTELKAM (1988)
2. INTELSTRAT (1990)
3. KURSUS BHS INGGERIS ELEMANTRY (1994)
4. SUSJAB KAPOLRES V (2001)
5. KURSUS B. INGGERIS LANJUTAN (ADVANCE COURSE) (2005)
6. KURSUS BHS INGGERIS ADVANCE (2006)
7. KURSUS CRIME PREVENTION DI KOREA SELATAN (2010)

Umum

  1. SD (1974)

2. SLTP (1977)
3. SMA IPS (1981)
4. UNSRI PALEMBANG (2005)

  1. UNISIYAH B. ACEH (2006-2007)

Pernah jabat Kapolres OKI dan Muara Enim. Lalu Wadir Intel Polda Sumsel. Kapoltabes Banda Aceh (2006). Kabid Telematika Polda Metro Jaya dan Kabid Humas Polda Metro Jaya (2008). Kabid Mitra Div Humas Polri (2009). Dirirektur Kerjasama & Humas PPATK (2013). Analis Kebijakan Utama Bid Sosbud Sahli Kapolri (2014). Karo Wasdik Bareskrim Polri (2014). Kapolda Maluku Utara (2015) dan Kapolda Riau (2016).

Ini Yang Dilakukan Kapolda Sumsel Hari Pertama Menjabat

Hari Pertama Jabat sebagai Kapolda Sumsel setelah sebelumnya pada Selasa (5/9/2017) Irjen Pol Drs. Zulkarnain resmi dilantik Kapolri Jenderal Tito Karnavian sebagai Kapolda Sumsel menggantikan Irjen Pol Agung Budi Maryoto yang akan menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat.

Dengan didampingi Wakapolda Sumsel dan pejabat utama Polda Sumsel lainnya, Kapolda memeriksa disetiap sudut ruangan serta lingkungan Mapolda. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel Polda Sumsel dalam bertugas serta memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Tampak Kapolda memeriksa ruang piket penjagaan, ruang pelayanan dan gudang sarana dan prasarana milik Polda Sumsel. Disamping itu saat memimpin apel perdananya Kamis pagi (7/9/2017) di halaman apel Mapolda Sumsel, Kapolda mengingatkan anggotanya untuk selalu bersikap humanis, etis dan menguasai aturan – aturan dalam bertindak.

“Dengan memberikan senyuman tidak akan menurunkan pangkat, malah masyarakat akan lebih simpati terhadap Polri,” beber Irjen Pol Zulkarnain

Diakhir arahannya, Kapolda menyampaikan kepada bawahannya untuk menghindari hal-hal yang dapat menurunkan citra polri di masyarakat.

Sumber: Berbagai Sumber