Bupati OKUT: Festival Ogoh-Ogoh dan Ngaben Bisa Jadi Destinasi Wisata… Berikut Vidio Meriahnya Ngaben di OKU Timur

Bupati OKU Timur HM Kholid MD didampingi anggota DPRD saat menaiki Ogoh-ogoh dalam acara pawai Ogoh-ogoh menyambut hari raya nyepi dan tahun baru caka 1938

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Berbagai macam kegiatan yang digelar oleh masyarakat OKU Timur bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata di OKU Timur. Seperti tradisi ogoh-ogoh dan Ngaben yang merupakan kegiatan rutin warga Desa Darma Buana Kecamatan Belitang II.

Hal itu diungkapkan Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat menghadiri upacara Ngaben di Desa Darma Buana, Kecamatan Belitang II Jumat (8/9/2017). Menurut Kholid, kegiatan rutin yang selalu digelar di Desa Darma Buana seperti Festival Ogoh-ogoh yang digelar setiap tahun dan upacara Ngaben yang digelar setiap lima tahun sekali bisa menjadi salah satu destinasi wisata baik untuk masyarakat, OKU Timur maupun luar daerah.

Menurut Kholid, kegiatan pawai Ogoh-ogoh dan Ngaben yang digelar secara rutin tentu saja bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata di Kabupaten OKU Timur selain destinasi wisata lainnya yang bisa dikembangkan untuk menarik minat pengunjung dan investor.

Bahkan kata Kholid, dalam upacara Ngaben beberapa daerah yang ada di Sumsel, dan Jambi melakukan upacara ngaben di Desa Darma Buana. Hal itu tentu saja membuktikan bahwa OKU Timur merupakan salah satu daerah dengan penganut agama Hindu yang cukup besar dibandingkan dengan daerah lain yang selalu melestarikan budaya nenek moyang.

“Sedangkan untuk festival ogoh-ogoh setiap tahun selalu digelar dengan berbagai macam bentuk patung yang menggambarkan sifat keangkaramurkaan. Ogoh-ogoh yang dibuat dengan karya seni tinggi sebelum dibakar terlebih dahulu diarak keliling untuk memberitahukan kepada masyarakat mengenai prilaku buruk dari patung tersebut agar tidak ditiru,” katanya.

OKU Timur kata Kholid memiliki berbagai macam suku dan etnis yang hidup secara berdampingan dalam berbagai hal. Dan hal inilah yang menjadikan OKU Timur menjadi salah satu daerah Fluralisme yang zero konflik etnis, suku dan agama.

Baca Juga: Puluhan Jenazah Dibakar dalam Prosesi Penyucian Roh di Desa Darmabuana

“Saya sangat merekomendasikan agar festival ogoh-ogoh yang digelar setiap tahun dan ngaben ini untuk menjadi salah satu destinasi wisata di OKU Timur,” katanya.

Berikut Vidio Meriahnya Prosesi Ngaben di OKU Timur:

https://www.youtube.com/watch?v=R652l-HNxFk&feature=youtu.be