Anggota Komunitas OKUT Dilatih Cara Ambil Foto dan Video Jurnalistik

loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Terlihat antusiasme peserta yang mengikuti kegiatan Lokalatih Pembuatan Foto dan Video Jurnalistik. Sebanyak 120 peserta perwakilan dari berbagai komunitas, sekolah, dan perwakilan dari umum di OKU Timur dan sekitarnya yang menghadiri kegiatan tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman bengkel kreatif OKU Timur Kelurahan Terukis Rahayu Kecamatan Martapura, Minggu (10/9/2017), dan dibuka secara langsung oleh Pembina Kelompok Kerja (Pokja) Kreatif Rio Susanto, SE. Dalam acara tersebut di hadiri sejumlah narasumber yang berkopenten antara lain, Herman Sawiran, Gatot, dan Djart Miko yang merupakan aktifis jurnalis yang bertugas baik di OKU Timur maupun OKU.

Dalam sambutannya, Rio Susanto SE mengatakan, kegiatan lokalatih tersebut dilaksanakan dengan beberapa dasar pemikiran dan kondisi saat ini, dimana Media masa dan media sosial menjadi bagian dari gaya hidup, bahan informasi dan referensi pengetahuan masyarakat. Bahkan, jadi pembelajaran bagi masyarakat, serta media mengaktualisasi diri penggunanya sehingga perlu pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola media masa dan media sosial agar lebih bermanfaat.

“Saya berharap kegiatan ini kedepan dapat memberikan pembelajaran dalam mengelola media sosial dan media masa, dengan memenuhi kriteria dan kaidah yang berlaku. Serta mampu menjembatani keterbatasan pengetahuan tentang pengelolaan dan pemanfaatan media informasi, dan meningkatkan keterampilan dalam membuat naskah, photograpi dan video dengan menggunakan peralatan yang sederhana, sehingga kedepan masyarakat dapat lebih kreatif dalam menulis dan mendokumentasikan kegiatan bagi komunitas,” jelasnya.

Sementara itu, koordinator umum pokja kreatif OKU Timur Muhammad Mukhlis, menambahkan, pelaksanaan kegiatan lokalatih tersebut dinilai sebagai salah satu cara efektif untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan bagi anggota komunitas lainnya.

“Bagi peserta untuk hasil karya terbaik akan diberikan penghargaan, sertifikat dan pembinaan kemitraan.
Dan kedepan dengan di adakannya kegiatan ini diharapkan mampu menggugah pihak-pihak terkait lainnya agar menjadi stimulan bagi komunitas diwilayah lain,” terangnya.