Ini Pesan Bupati OKU Timur Kepada pengusaha Beras dan Petani

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Untuk meningkatkan daya saing dan mutu hasil pertanian kabupaten OKU Timur terutama beras maupun gabah, Bupati OKU Timur HM Kholid MD melaksanakan rapat koordinasi bersama unsur terkait dalam rangka mengendalikan distribusi dan kualitas bahan pokok beras dan gabah.

Rapat Koordinasi digelar di ruang Audiensi Bupati OKU Timur Selasa (12/9/2017) dengan dihadiri oleh Bupati OKU Timur Kepala Dinas Pertanian, Kepaka BP2KP, serta pengusaha beras di OKU Timur.

Dalam paparannya Bupati OKU Timur meminta kepada dinas terkait yakni Dinas Pertanian untuk meningkatkan mutu hasil pertanian sehingga memiliki nilai jual dan mampu bersaing di pasar nasional bahkan internasional dengan daerah-daerah lain.

“Untuk mencapai hal itu, petani harus memiliki jiwa enterpreuner dan terobosan-terobosan sehingga hasil pertanian benar-benar memiliki nilai jual dan daya saing,” katanya.

Salah satu upaya pemerintah saat ini agar hasil pertanian OKU Timur memiliki nilai saing dan nilai jual adalah beras organik yang sudah terkenal di berbagai daerah baik di Sumsel maupun tingkat nasional. Dengan mengembangkan beras organik, tentunya beras OKU Timur kedepan akan mampu bersaing dengan daerah lain dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

“Sedangkan untuk pengusaha beras saya tekankan agar bisa bersaing secara sehat dan tidak mempermainkan harga serta kualitas beras. Buatlah sebuah label dan daftarkan ke kementerian pertanian sehingga beras OKU Timur benar-benar memiliki nilai jual serta masyarakat percaya dengan kualitas beras OKU Timur,” katanya.

Kholid juga mengharapkan agar petani yang ada di OKU Timur dapat meng-ekspor beras ke daerah lain secara rutin setiap tahun. Selain itu petani dan pengusaha beras juga diharapkan agar tetap menjaga nama baik kabupaten OKU Timur dengan menjaga nama dan kualitas barang.

Sumber: Humas Protokol OKUT