Terpantau Dua Titik Api di OKU Timur, BPBD Himbau Masyarakat Ramah Lingkungan

Kepala BPBD OKU Timur H Rusman SE MM

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang dapat menganggu ekosistem alam dan menganggu kelancaran persiapan pelaksanaan Asian Games tahun 2018 mendatang, Kepala BPBD OKU Timur H Rusman SE MM menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan.

“Untuk saat ini baru dua titik hotspot yang terpantau di OKU Timur masing-masing di Kecamatan Cempaka dan Belitang Madang Raya. Namun belum membahayakan dan masih bisa diatasi,” kata Rusman Jumat (22/9).

Menurut Rusman, dirinya selalu memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak membakar sampah yang dapat menimbulkan sumber api pada musim kemarau seperti saat ini. Selain itu, dirinya juga meminta kepada masyarakat yang merokok untuk memastikan api puntung rokok mati sebelum dibuang karena bisa menjadi bencana.

“Lahan pertanian dan perkebunan yang sudah dipanen juga agar sisa sampahnya tidak dibakar karena hasil pembakaran meskipun tidak membahayakan lahan lain, namun asapnya bisa mencemarkan udara dan membahayakan,” katanya.

Rusman juga meminta kepada camat dan kepala desa untuk selalu memantau wilayah masing-masing dan selalu berkoordinasi dengan pihak BPBD setiap ada hal yang bembahayakan sehingga Tim Reaksi Cepat yang dibentuk BPBD bisa segera mengambil tindakan.

“Koordinasi itu sangat penting untuk mencegah terjadinya bencana kebakaran dan bencana lainnya yang dapat menimbulkan korban jiwa,” katanya.