Ini Bahayanya Jika Hewan Anda Tidak Segera Divaksin

Petugas dinas peternakan saat memberikan vaksin terhadap hewan peliharaan.
loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Untuk mencegah penyakit rabies, dinas peternakan dan perikanan melakukan kegiatan Bulan Bakti Rabies dengan melakukan vaksin terhadap 1000 lebih hewan peliharaan masyarakat yang ada di Kabupaten OKU Timur. Demikian diungkapkan Kadisnakan melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Muhammad Irsadi Jumat (29/9/2017).

Menurut Irsadi, hewan yang diberikan vaksin sebagian besar terdiri dari Anjing, Kucing dan Kera. Sedangkan untuk lokasi vaksin yang terbanyak dilakukan di wilayah Kecamatan Madang Suku III, Semendawai Timur, Buay Madang Timur,  BP Peliung dan Belitang III.

“Pemberian vaksin kepada hewan peliharaan ini untuk mencegah penyakit rabies di OKU Timur,” kata Irsadi.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang mempunyai hewan peliharaan seperti Anjing, Kucing dan Kera supaya di berikan Vaksinasi rabies sehingga pemilik bisa dengan leluasa dan tidak perlu khawatir terkena rabies jika terkena gigitan ataupun cakaran hewan peliharaan tersebut.

“Vaksinasi rabies mudah di dapat. Masyarakat langsung datang ke Disnakan dalam bidang Keswan atau dapat menghubungi kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) di masing-masing Kecamatan di Kabupaten OKU Timur,” katanya.

Baca Juga :

Pasar Batumarta VI Madang Suku II Direvitalisasi

Menuurt Irsadi, penyakit rabies menjadi perhatian banyak kalangan karena jika virus tersebut mencapai ke otak manusia atau hewan maka tidak ada obat yang bisa menyembuhkannya.

“Kecepatan virus mencapai otak manusia tergantung dari jauh dekatnya gigitan hewan yang terkena rabies dan juga contain ataupun jumlah virus yang masuk ke dalam tubuh orang yang tergigit,” katanya.

Baca Juga:

Panwasl Kabupaten OKU Timur Buka lowongan Panwascam, Ini Syarat Utamanya