Ini Dua Lembaga yang Akan Membantu Karyawan Jika Dipecat Sepihak Oleh Perusahaan

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Para pekerja dan karyawan perusahaan yang ada di Kabupaten OKU Timur tidak akan mengalami kesulitan untuk membela ketika mereka mendapatkan masalah atau perlakukan tidak adil dari tempat mereka bekerja menyusul masuknya Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) ke Kabupaten OKU Timur. Demikian diungkapkan kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Suyanto Senin (25/9/2017) lalu.

Menurut Suyanto, kedua lembaga tersebut merupakan wadah bagi para pekerja dan karyawan perusahaan untuk melapor atau memberikan perlindungan mengenai permasalahan yang terjadi antara perusahaan dan pekerja atau karyawan.

“Selama ini di OKU Timur belum ada SPSI ataupun Aspindo. Hal itu tentu saja menyulitkan pekerja dan karyawan yang memiliki masalah dengan perusahaan. Mereka kesulitan untuk mencari lembaga yang bisa menyelesaikan masalah antara keduanya,” katanya.

Menurut Suyanto, keberadaan kedua lembaga tersebut sangat bermanfaat karena bisa menjadi penengah maupun wadah untuk menyelesaikan sengketa antara perusahaan dan karyawan. Memang kata Suyanto, hingga saat ini belum ada kasus dan pemutusan hubungan antara perusahaan dengan karyawan.

“Namun tetap saja kita harus melakukan antisipasi untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada karyawan oleh pihak perusahaan. Petugas kita juga selalu melakukan pemantauan terhadap perusahaan-perusahaan untuk mengetahui perkembangan dan kondisi yang ada di setiap perusahaan,” ujarnya.

Ratusan Juta Uang Negara Diselamatkan Kejaksaan Negeri OKU Timur