Mengenang sejarah… warga Martapura OKUT Nonton Pengkhianatan G30S/PKI

Ratusan warga Martapura saat menyaksikan Film pengkhianatan G30S/PKI di Taman Kota Martapura, OKU Timur

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Sebagai bentuk penghargaan dan mengenang sejarah meninggalnya tujuh pahlawan revolusi yang telah gugur akibat kebiadaban Partai Komunis Indonesia (PKI) yang berniat untuk mengkudeta dan mengambil alih pemerintahan dari presiden Ir Soekarno pada tahun 1965.

Dengan kejam PKI melakukan pembunuhan dan penculikan terhadap para jendral tepat pada tanggal 30 Septermber yang mereka diberi nama gerakan 30 September atau lebih dikenal dengan sebutan G30S/PKI.

Untuk memperkenalkan sejarah kekejaman PKI yang pada zaman orde baru diputar setiap 30 September setiap tahunnya pada generasi muda yang belum mengetahui bagaimana kekejaman PKI, ratusan masyarakat OKU Timur menyaksikan film G30SPKI melalui layar lebar yang difasilitasi oleh camat Martapura Sabtu (30/9/2017) di taman Kota Martapura.

Nonton bersama Film kekejaman G30S/PKI tersebut dilaksanakan di taman Kota Martapura. Selain di taman Kota, nonton bersama juga di gelar di sejumlah lokasi di OKU Timur sebagai bentuk penghargaan dan mengingatkan kepada generasi muda akan sejarah kelam bangsa Indonesia yang hampir diduduki oleh PKI yang telah membantai sejumlah ulama, santri serta para jendral revolusi.

Meski sempat diguyur hujan, namun nonton bersama film G30/SPKI di taman kota tetap berlangsung nyaman. Sejumlah orangtua, anak-anak dan remaja terlihat khusyu menyaksikan penggalan demi penggalan film pengkhianatan PKI terhadap bangsa Indonesia tersebut.

Para anak muda yang tidak mengetahui bagaimana kekejaman PKI hanya menggeleng-gelengkan kepala dan tidak menyangka bangsa Indonesia memiliki sejarah kelam pasca kemerdekaan yang dilakukan oleh PKI yang berniat untuk mengkudeta pemerintah Indonesia.

“Selama ini hanya mendengar cerita-cerita saja kalau setiap tahun dulu diputar film bagaimana PKI membantai para jendral dan santri serta ulama yang sedang melaksanakan salat subuh,” ungkap beberapa pemuda yang asik menonton film tersebut.

Sedangkan para orangtua yang menyaksikan film tersebut sesekali terdengar berkomentar dan mengingatkan kelanjutan film yang sedang mereka tonton sembari mengingat kembali penggalan-penggalan film tersebut.

Ratusan warga Martapura saat menyaksikan Film pengkhianatan G30S/PKI di Taman Kota Martapura, OKU Timur

“Sebentar lagi PKI beraksi ketika para jendral sedang terlelap. Mereka menembak dengan kejam dan menyeretnya serta membawanya ke lubang buaya,” ungkap beberapa warga sambil bersahutan melanjutkan cerita seakan hafal dengan penggalan-penggalan film G30S/PKI tersebut.

Baca Juga:

Babinsa dan Warga OKUT Nobar Film Pemberontakan G30S/PKI