KPU Sosialisasi Parpol Untuk Menjadi Peserta Pemilu

KPUD OKU Timur saat memberikan sosialisasi persyaratan untuk mengikuti pemilu kepada sejumlah petinggi Partai Politik.
loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Untuk memberikan pemahaman mengenai berbagai syarat partai politik (Parpol) untuk menjadi peserta pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKU Timur menggelar Sosialisasi pendaftaran Verifikasi penetapan partai Politik peserta pemilu dan tata cara penggunaan sipol, Senin (2/10/2017). Sosialisasi dilaksanakan di ruang pertemuan pempek amanda Desa Kotabaru Selatan, Kecamatan Martapura.

Sosialisasi dihadiri langsung oleh seluruh komisioner KPU, Panwas dan sejumlah ketua dan petinggi Partai Politik di OKU Timur. Sayangnya tidak semua petinggi Parpol hadir dalam sosialisasi tersebut.

“Ini merupakan salah satu tahapan dalam pemilu mendatang. Dalam sosialisasi tersebut disampaikan berbagai persyaratan bagi perpol yang dilengkapi untuk menjadi peserta pemilu, mulai dari kepengurusan hingga kartu anggota,” ungkap ketua KPU OKU Timur H Leo Budi Rachmadi dalam sambutannya.

Menurut Leo, setelah menerima persyaratan dari papol, maka panitia yang ditentukan KPU melakukan verifikasi parpol yang ada di OKU Timur apakah memenuhi syarat atau tidak untuk menjadi peserta pemilu 2019.Ketua KPUD OKU Timur Leo Budi Rachmadi, usai kegiatan, Sosialisasi Pendaftaran, Verifikasi Penetapan Parpol Peserta Pemilu dan tata cara penggunaan Sipol yang berlangsung pada Senin (2/10/2017).

Menurut leo, dalam pemilu mendatang, KPUD OKU Timur akan menggunakan sistim rendem sederhana bukan menggunakan sensus untuk melakukan pengecekan keanggotaan Parpol. Leo beralasan, jumlah penduduk yang mencapai hingga 100 ribu tentu saja akan memakan waktu yang cukup lama dan pihaknya akan mengalami kesulitan.

“Sehingga diputuskan untuk menggunakan sistim rendem. Sistim rendem sederhana untuk melakukan pendataan calon legeslatif dari setiap Parpol,” jelasnya.