Kepala BPBD OKU Timur H Rusman SE MM

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Timur H Rusman SE MM, menghimbau kepada seluurh masyarakat OKU Timur terutama yang bermukim di bantaran Sungai Komering untuk tetap waspada mengingat cuaca yang tidak menentu dalam beberapa pekan terakhir.

Dalam beberapa pekan terakhir kata dia, volume air mengalami peningkatan karena tingginya curah hujan baik di Kabupaten OKU Timur maupun di hulu Sungai Komering, yakni Kabupaten OKU Selatan.

“Masyarakat dihimbau tetap waspada terutama mereka yang berdomisili di bantaran Sungai Komering mulai dari dari wilayah Baturaja Bungin Kecamatan Bungamayang hingga Desa Gunung Batu Kecamatan Cempaka,” kata Rusman.

Meskipun curah hujan sudah cukup tinggi kat Rusman, namun saat ini namun volume air Sungai Komering masih terbilang normal. Kenaikan volume air masih terbilang stabil dan belum terlalu membahayakan. Namun meski demikian masyarakat harus tetap waspada terjadinya bencana banjir dan longsor karena tingginya curah hujan.

“Kita sudah menggerakan Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Masyarakat Peduli Bencana (MPB) untuk memantau di lapangan, dan segera melaporkan perkembangan yang terjadi di lapangan.”Petugas kita selalu siap untuk diterjunkan,” jelasnya.

Rusman juga menambahkan untuk memaksimalkan kerja pihaknya segera membentuk TRC di tingkat kecamatan dan desa yang bertujuan untuk mengantisipasi timbulnya korban jiwa jika sewaktu-waktu terjadi bencana.