Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat berkunjung ke Pesisir Komering uyntuk berinteraksi dengan masyarakat

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sebanyak tiga kawasan strategis di Kabupaten OKU Timur.  Hal itu diungkapkan Demikian diungkapkan Kepala Bappeda dan Litbang OKU Timur Ir H Kanjeng Tubagus Sunarseno Rabu (11/10/2017).

Menurut Tubagus kawasan agropolitan merupakan kawasan pertanian yang tumbuh dan berkembang karena berjalanannya sistim dan usaha agribisnis serta mampu melayani, mendorong serta menarik kegiatan usaha pertanian yang luas. Konsep agropolitan merupkan konsep yang sesuai dengan kondisi, potensi dan sumber daya yang ada di Martapura dan sekitarnya.

“Selain itu Kecamatan Martapura dan sekitarnya merupakan kawasan sepanjang sungai Komering yang perlu perhatian khusus. Dalam Ranjangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah OKU Timur telah mengamanatkan pembangunan kawasan perbatasan. Pesisir dan daerah tertinggal merupakan kawasan yang diprioritaskan dalam usaha pencapaian visi dan misi membangun OKU Timur,” jelasnya.

Fokus utama dalam pengembangan kawasan ini pada upaya percepatan pembangunan ekonomi masyarakat. Penurunan angka kemiskinan, pengurangan kesenjangan sosial yang berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Untuk itu kata dia, perlu dilakukan pemantapan program dan kegiatan yang berdampak langsung terhadap pencapaian visi dan misi serta tujuan dan sasaran pembangunan yang sudah dicita-citakan bersama.

“Program yang dicanangkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) OKU Timur tahun 2018 adalah meningkatkan perekonomian maayarakat dan mengurangi angka kemiskinan seperti program untuk jalan lingkar Martapura yang akan ditata untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan seperti penyediaan lokasi untuk penjualan souvenir, kuliner maupun buah-buahan yang dikoordinir oleh Disperindag dengan melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).