Bupati OKU Timur HM Kholid MD

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Pemerintah Kabupaten OKU Timur dalam Rencana pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) akan memprioritaskan pembangunan Jalur Komering untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat. Hal itu diungkapkan kepala Bappeda dan Litbang OKU Timur Ir H Kanjeng Tubagus Sunarseno dalam laporannya pada acara Kunker Bupati HM Kholid MD di Kecamatan Madang Suku II Kamis (11/10/2017).

Menurut Tubagus, kawasan Komering akan menjadi kawasan pembangunan yang diprioritaskan. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan memaksimalkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk pengembangan pesisir Komering tersebut.

Sejumah program OPD akan diarahkan ke Jalur Komering seperti untuk OPD Dinas Peternakan dan Perikanan. Jalur Komering bisa mengembangkan potensi perikanan

melalui sistim Bioflock. Demikian juga dengan kecamatan lain yang akan disesuaikan dengan biografis daerah di Jalur Komering tersebut.

“Untuk pengembangan kawasan tanaman holtikultura bisa mengoptimalkan lahan ataupun penanaman padi pasca cetak sawah atau perluasan lahan. Bantuan bibit padi unggulan hybrida, Asuransi usaha tani pertanian dan lainnya,” katanya.

Sedangkan untuk dinas kesehatan kata dia, bisa disediakan peralatan kesehatan yang akan menjadi pendukung Puskesmas. Perehaban bangung Pusekesmas dan program lainnya. Sedangkan untuk sektor pendidikan bisa dilakukan oleh Dinas Pendidikan agar bisa membangun jamban SD dan SMP, pembangunan ruang kelas baru SD SMP, dan pembangunan ruang perpustakaan.

“Sedangkan untuk  Dinas Ketahanan Pangan Pembangunan daerah rawan pangan di sejumlah wilayah. Dan untuk Dinas Lingkungan Hidup, pembangunan instanlasi pengolahan  air limbah usaha skala kecil. dan program Dinas PMD yang bisa diaplikasikan adalah pembentukan BUMdes pendamping ADD,” jelasnya.