Pemerintah OKU Timur Budidaya Jamur Merang dan Usaha Konveksi untuk kesejahteraan Masyarakat,, Ini lokasinya

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten OKU Timur akan memberikan pembinaan budidaya jamur merang dan usaha konveksi kepada masyarakat tahun 2018 mendatang. Hal itu diungkapkan kepala Koperasi Hermansyah Qodho Minggu (15/10/2017).

Menurut Herman,  dengan dua program usaha tersebut diharapkan dapat mendukung perkembangang UKM di OKU Timur sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarkat.

“Pembinaan jamur merang pada tahap pertama akan dilakukan di Kecamatan Semendawai Barat. Namun untuk desanya belum ditentukan. Terlebih dahulu akan dilakukan pelatihan dan peralatan. Sedangkan jika berkembang dengan baik sudah ada pasar yang siap menerima jamur tersebut,” katanya.

Sementara untuk pelatihan dibidang konveksi akan dilaksanakan di Kecamatan Cempaka. Bagi pelaku UKM yang berminat melakoni usaha dibidang konveksi nantinya akan diberikan pelatihan. Dua program tersebut kata dia, bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan menumbuhkan jiwa berwirausaha bagi masyarakat.

“Sedangkan untuk budidaya jamur di Kecamatan Semendawai Barat saat ini  pesertanya sebanyak 30 orang. dan untuk pelatihan konveksi serta bantuan mesin jahit dan obras ada tiga  kelompok di Kecamatan Cempaka tiga kelompok di Kematan Semendawai Barat dan satu lagi di rumah singgah songket di Desa Gunung Batu Kecamatan Cempaka,” katanya.