Kecamatan Cempaka Akan Dijadikan Daerah Penghasil Buah dan Songket

Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat berbincang dengan pembuat songket Gunung Batu
loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Pemerintah Kabupaten OKU Timur akan menjadikan Kecamatan Cempaka sebagai salah satu wilayah di Jalur komering yang memiliki potensi untuk menjadi daerah penghasil buah-buahan dan Songket Gunungbatu.

Hal itu diungkapkan bupati OKU Timur HM Kholid MD saat melakukan kunjungan ke Jalur Komering Senin (17/10/2017).

Jalur Komering menjadi salah satu prioritas pemerintah OKU Timur dalam pengembangan berbagai potensi sesuai dengan wilayahnya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Bupati melakukan kunjungan ke sejumlah wilayah di Jalur Komering untuk mengetahui potensi wilayah tersebut untuk kemudian akan diberikan pelatihan maupun bantuan untuk menunjang perekonomian masyarakat tersebut.

“Pemerintah berkomitmen untuk membangkitkan kembali Jalur Komering seperti tahun 1970-an. OKU Timur seluruh penghasilan berasal dari Jalur Komering. Untuk itu kita akan bangun kembali dengan berbagai program yang disesuaikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Kholid.

Seperti untuk Kecamatan Cempaka yang cocok untuk mengembangkan tanaman buah-buahan dengan harapan era kejayaan Jalur Komering bisa kembali seperti pada tahun 70-an dimana pada saat itu, Jalur Komering menjadi penghasil jeruk yang cukup terkenal dan manis.

“Selain menjadikan cempaka tepatnya Desa Gunungbatu sebagai wilayah penghasil buah-buahan. Kerajinan songket yang tersedia sejak nenek moyang dahulu juga akan dikembangkan sehingga bisa menjadi salah satu kerajinan yang menjadi ikon OKU Timur dan bisa dipasarkan hingga luar negeri,” jelasnya.