Ini Strategi Bupati OKU Timur Menanggulangi Kemiskinan di OKU Timur

Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat menyematkan tanda peserta Bimtek SLRT dan Puskesos di SMAN 3 Martapura.
loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Untuk meningkatkan kompetensi penyelnggara petugas Sistem Layanan Dan Rujukan Terpadu (SLRT) Sebiduk Sehaluan dan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos)  Gunungjati dan Kumpulrejo, Pemerintah Kabupaten OKU Timur melaksanakan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) yang dibuka langsung oleh Bupati OKU Timur HM Kholid MD Rabu (18/10/2017) bertempat di SMA 3 Martapura.

Menurut Kholid, SLRT merupakan sebuah Perlindungan Sosial dan berfungsi untuk menanggulangi Kemiskinan di Kabupaten OKU Timur. SLRT kata dia, merupakan sistim yang membantu masyarakat dan pemerintah daerah dalam mengidentifikasi kebutuhan pelayanan masyarakat miskin.

“Melalui Kementerian Sosial (Kemensos) Pemerintah Kabupaten OKU Timur sudah memiliki SLRT yang nantinya akan menjadi solusi terpadu untuk berbagai permasalahan yang ada dimasyarakat,” katanya.

Menurut Kholid, penanganan masalah yang disebabkan kemiskinan masih ditangani oleh masing-masing sektor namun dengan adanya SLRT tersebut, maka diharapkan penanganan bisa terintegratif, komprehensif, efektif, tepat sasaran dan lebih maksimal terhadap pelayanan masyarakat.

“Harapan kedepan agar SLRT bisa menjadi solusi tepat bagi  Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), kemiskinan, Penerima Bantuan Iuran (PBI) secara real time serta masyarakat yang mengikuti Program Keluarga Harapan (PKH),” jelasnya.

SLRT tersebut juga kata dia, bisa membantu mengindentifikasi keluhan masyarakat miskin dan rentan, melakukan rujukan, dan memantau penanganan keluhan untuk memastikan bahwa keluhan keluhan tersebut ditangani dengan baik.