Ratusan Calon Anggota PPK OKU Timur Ikuti Tes Tertulis

Ratusan peserta calon anggota PPK kabupaten OKU Timur saat mengikuti tes tertulis di Aula SMAN 1 Belitang.

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Setelah melakukan seleksi administrasi terhadap calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Komisi Pemilihan Umum Daerah  (KPUD) OKU Timur mulai melakukan tes tertulis yang diikuti 306 orang peserta yang sebelumnya dinyatakan lulus dalam seleksi administrasi Selasa (24/10/2017) pukul 14.00.

Ketua KPU OKU Timur H Leo Budi Rachmadi SE melalui Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) Aldi Adriansyah SE mengatakan, tes tertulis calon anggota PPK tersebut dilaksanakan di Aula SMA Negeri 1 Belitang. Sedangkan untuk soal dalam tes tersebut kata dia, semuanya berasal dari KPU Provinsi.

“Semua kewenangan untuk tes tertulis dari KPU provinsi. Kita hanya menyelenggarakan saja,” katanya.

Namun Aldi menjelaskan secara garis besar bahwa soal dalam tes tertulis tersebut tidak akan melenceng dari masalah pelaksanaan Pemilu baik Pemilihan Legislatif (Pileg), Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Ditambahkan Aldi, dari hasil tes tertulis yang diikuti oleh 306 peserta tersebut, pihaknya akan mengambil 200 orang atau 10 besar calon PPK dari setiap kecamatan untuk kemudian mengikuti tes wawancara.

“Pelaksanaan tes tertulis dihadiri langsung oleh seluruh komisioner KPU. Setelah pelaksanaan tes jawaban langsung dikoreksi oleh komisioner KPUD,” jelasnya.

Setelah diketahui hasil tes tertulis untuk melanjutkan ke tes wawancara kata dia, 10 orang calon anggota PPK yang sebelumnya lolos akan dikerucutkan kembali menjadi lima orang yang nantinya akan menjadi anggota PPK kecamatan.

“Setelah dilakukan pelantikan selanjutnya akan diberikan pembekalan selama dua hari yakni 3-4 November 2017 dengan materi tentang kepemiluan serta mengenai tugas dan fungsi PPK,” katanya.