Sekretaris Daerah saat melantik Pejabat pemkab OKU Timur

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Guna meningkatkan mutu kinerja OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten OKU Timur, Drs H Idhamto Dipl Ing merotasi sejumlah kalangan pejabat eselon II, III, dan IV di lingkungan kerjanya. Selain dari rotasi pejabat, ada juga beberapa pejabat yang didefenitifkan jabatanya, kegiatan ini berlangsung di ruang Bina Praja I, Pemkab OKU Timur, Selasa (31/10/2017).

Idhamto menjelaskan, perotasian pejabat ini sudah merupakan suatu hal yang lumrah di dalam sebuah organisasi. Rotasi ini bertujuan untuk penyegaran, bukan justru berdasarkan pada penilaian kinerja yang buruk.

“Pertama alih tugas penugasan baru ini merupakan suatu hal yang biasa dalam suatu organisasi. Rotasi ini kita tujukan untuk melakukan penyegaran karena ada beberapa pejabat yang sudah lama ditempatnya, maka kita coba lakukan perubahan. Bagi para pejabat yang sudah ditempatkan ditempat baru, kita berharap kinerjanya bisa lebih baik dan meningkat demi kemajuan suatu wilayah,” ujarnya.

Dari sejumlah pejabat yang dirotasi, Kepala BPKAD OKU Timur yang Giri Suwarman yang kini telah pensiun turut diganti. Kepala BPKAD OKU Timur sekarang digantikan oleh Jumadi S.sos yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Inspektorat OKU Timur. Sedangkan jabatan Kepala Inspektorat yang baru dijabat oleh Hasbullah yang awalnya menjabat sebagai Staff Ahli Bupati OKU Timur.

“Kita angkat Jumadi sebagai Kepala BPKAD yang baru karena dinilai cakap dan memiliki kemampuan, terlebih beliau saat ini menjabat kepala inspektorat yang tentu memiliki kemampuan dan paham masalah aturan hukum. Menjadi kepala itukan tidak mesti dari Stan ataupun mereka yang paham masalah akuntansi, yang penting dia paham, terutama perihal aturan-aturan hukum yang berlaku,” jelas Idhamto.

Selain itu, Hermanto yang sebelumnya merupakan Camat BP Bangsa Raja akan mengisi jabatan baru sebagai Sekban Kepegawaian Daerah Kabupaten OKU Timur dan Hobirin SE akan menjabat sebagai Camat BP Bangsa Raja yang baru.

Setelah kegiatan pelantikan selesai, Kepala BKD OKU Timur Drs Juanda ketika diwawancarai menuturkan, rotasi jabatan yang dilakukan merupakan hal wajar dan bukan suatu hal yang tabu. Dan hal ini juga  merupakan sebuah kepentingan roda organisasi di ruang lingkup pemerintahan Kabupaten OKU Timur.

“Pergantian jabatan bukanlah suatu hal yang tabu, itu biasa. Ada beberapa pejabat yang di mutasi dan ada juga yang jabatanya di defenitifkan,” tuturnya.

Adapun jumlah pejabat eselon II yang dimutasi dan didefenitifkan jabatanya, lanjut Juanda, tercatat sebanyak lima orang, untuk pejabat eselon III delapan orang dan sisanya merupakan pejabat eselon IV. Nantinya juga masih ada kemungkinan pergantian, karena hal itu dilakukan sesuai dengan kebutuhan organisasi dan banyaknya pejabat yang akan pensiun serta ada juga beberapa yang sakit,” imbuhnya.