Ilustrasi e-Voting

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Pemerintah Kabupaten OKU Timur akan menerapkan sistem aplikasi E-Voting dalam pemilihan kepala Desa yang akan dilaksanakan dalam beberapa gelombang selama kurun waktu enam tahun terakhir. Hal itu diungkapkan Asisten I Setda OKU Timur Mgs Habibullah yang merupakan ketua penyelenggara pilkades serentak di OKU Timur.

Menurut Habib, pelaksanaan E-Voting tersebut selain untuk transparansi, juga untuk menimalisir adanya kecurangan-kecurangan selama pelaksanaan pilkades dilaksanakan. Dalam pelaskanaan E-Voting tersebut kata dia, akan diterapkan mulai dari pendaftaran, penjaringan calon maupun selama pemungutan suara sehinga benar-benar lebih transparan.

“Pelaksanaan pilkades saat ini masih manual. Tahun depan pelaksanaan pilkades sudah menerapkan E-Voting sehingga semuanya lebih transparan,” katanya.

Dikatakan Habib, sistem E-Voting merupakan suatu metode pemungutan dan penghitungan suara dalam suatu pemilihan dengan menggunakan perangkat elektronik yang bertujuan untuk menyelenggarakan pilkades hemat biaya dan perhitungan suara yang cepat menggunakan sistim yang aman dan mudah untuk diaudit.

“Pelaksanaannya sangat efektif dalam meminimalisir terjadinya kecurangan,” terang Habib.

Pemkab OKU Timur kata dia, sudah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banyuasin yang telah lebih dulu menerapkan sistim E-Voting tersebut untuk mempelajari sistim yang digunakan. Bahkan kemajuan Kabupaten Banyuasin saat ini sudah menggunakan sistim E-Government.

“Saat kunjungan ada beberapa instansi terkait yang kita ajak, diantaranya Diskominfo, Disdukcapil, dan Bagian  Tata Pemerintahan, karena beberapa dinas tersebut berkaitan dengan penerapan sistem E-Voting pada pelaksanan pilkades. Karena untuk jumlah mata pilih sistem E-voting ini menggunakan data base dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” jelasnya.