Asisten III Buka Acara Lomba PMR Se OKU RAYA dan Kabupaten Way Kanan

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Sebanyak 600 peserta yang berasal dari 16 sekolah tingkat SMP, MTs hingga tingkat SMA, SMK, MA dari empat Kabupaten mengikuti kegiatan lomba Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Madya dan Wira se- Kabupaten OKU, OKU Timur, OKU Selatan dan Way Kanan, dalam rangka memperingati HUT PMI ke-72. Kegiatan dibuka bupati OKU timur diwakili assiten III setda OKU Timur serta dihadiri ketua DPRD, Kapolres, kepala OPD, Kadiknas, Kakankemenag, Danramil, serta pembina PMR. Kegiatan berlangsung selama tiga hari hingga minggu (19/11) mendatang di bumi perkemahan SMKN 1 Martapura, kemarin,Jum’at (17/11).

Bupati OKU Timur HM Kholid MD diwakili Asisten III, Idrus Musa mengatakan, tujuan kegiatan lomba tersebut untuk mewujudkan pengembangan pembentukan karakter bagi anggota PMR dan memberikan wadah ajang prestasi kemampuan dan ketrampilan kepalang merahan serta meningkatkan pemahaman anggota PMR dalam bidang Kepalangmerahan dan mempererat rasa persahabatan dan persaudaraan sesama anggota PMR tingkat Madya dan Wira.

“Lomba ini salah satu menerapkan bagaimana kegiatan yang seharusnya dilaksanakan pada suatu Ajang Prestasi bagi anggota PMR tingkat Madya dan Wira. Serta meningkatkan kapasitas seorang anggota sukarelawan remaja dan memotivasi anggota PMR untuk memberikan rasa bangga akan kualitasnya meskipun masih remaja mereka dapat berprestasi,” terangnya.

Sementara, ketua PMI OKU Timur Hj Rusmiyati Kholid yang diwakili oleh dr Dedy Damhudi mengatakan, kegiatan lomba juga sebagai bentuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PMI ke- 72 dengan mengusung tema sukarelawan PMI kerja bersama untuk membangun masyarakat tangguh dan manusiawi.

“Saya berharap dengan adanya lomba ini kedepan mampu memicu semangat para relawan muda untuk berkotribusi dalam berbagai kegiatan kemanusiaan serta dapat meningkatkan keterampilan dasar dalam membantu sesama jika terjadi suatu bencana,” katanya

Kemudian, ketua kelaksana lomba Indra Saputra menambahkan, kegiatan lomba tersebut untuk melaksanakan Tri Bhakti pembinaan PMR, yang mana bagi sekolah yang sudah mendapatkan pelatihan dan pemberian materi selama masa latihan disekolah akan di lombakan sesuai dengan skli masing- masing sekolah.

“Ada lima mata lomba yang akan kita laksanakan pada kegiatan nanti, yaitu Peragaan lomba Pertolongan Pertama (PP), Peragaan lomba Tandu Darurat (LCTD), Peragaan lomba Pasang Bongkar Tenda (PBT), Peragaan lomba Perawatan Keluarga (PK) dan lomba mading 3 R yang di dramakan,” terangnya.