Mahasiswa STISIP Bina Marta Martapura Angkatan Pertama Lakukan Field Trip ke Pemkab OKU

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Sebanyak 65 Mahasiswa STISIP (Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) Bina Marta Martapura angkatan pertama lakukan Field Trip. Mahasiswa STISIP Didampingi 5 orang dosen pengampu mata kuliah terkait, 3 orang Struktural kampus dan 2 orang staf. Kegiatan Kunjungan lapangan akademis (field trip) tematik ke instansi publik ini merupakan bagian dari kegiatan penunjang akademis yang akan rutin diselenggarakan oleh STISIP Bina Marta Martapura. Selain kunjungan ke ruangan di kantor Pemkab OKU mahasiswa STISIP Bina Marta juga melakukan dialog interaktif dengan Bupati OKU. Dialog interaktif antara Bupati OKU dan Mahasiswa STISIP Bina Marta membahas tema Field Trip yang mengusung tema “Peran dan Sinergi Apartur Sipil Negara dalam menghadapi Globalisasi, Regionalisasi, Desentralisasi dan Otonomi dalam Kebijakan Publik, sesuai UU Aparatur Sipil Negara (ASN) No. 5 Tahun 2015.” Kegiatan tersebut disambut langsung oleh Bupati OKU Drs. H.Kuryana Aziz serta dihadiri oleh Asisten I, Kepala BAPPEDA Kabupaten OKU, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKU, Kepala DKKP Kabupaten OKU, Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Abdi Praja Pemkab OKU, kemarin, Senin (20/11/2017).

Dalam sambutannya, Mursyid, S.IP, MM, M.Si dosen sekaligus ketua Yayasan Bina Marta mengatakan dengan kegiatan ini diharapkan mahasiswa mampu menerapkan ilmu yang diperolehnya dalam menjawab tantangan kedepan yang berupa globalisasi, regionalisasi, desentralisasi, serta otonomi,  terutama berkaitan dengan kebijakan publik. Mahasiswa juga dapat mengetahui bagaimana pemerintah sebagai regulator dan fasilitator harus membuat kebijakan publik yang baik, lebih transparan, demokratis dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Selain untuk memberikan pengalaman teknis bagi mahasiswa akan penerapan praktis dari teori yang dipelajarinya di kampus. Serta mahasiswa dapat Melihat langsung fasilitas atau infrastruktur dengan konsep baru untuk menghadapi era globalisasi terkait pengimplementasian SDM di lembaga publik dalam hal ini Kantor Bupati Kabupaten Ogan komering Ulu,” kata Mursyid, S.IP, MM, M.Si.

Selanjutnya Kegiatan ini merupakan wujud dari upaya sinergisitas STISIP Bina Marta dengan institusi publik yang kita harapkan dapat memberikan manfaat kepada kedua belah pihak. Serta kegiatan ini juga bertujuan agar mahasiswa dapat memperoleh gambaran di lapangan secara nyata, terkait penerapan praktis atas teori yang dipelajari dalam perkuliahan terutama dalam melakukan brainstorming dari sudut pandang akademik terkait kebijakan publik.

“Mahasiswa diharapkan mendapat nilai tambah berupa pengetahuan baru tentang pengembangan dan pengelolaan fasilitas/infrastruktur yang ada di lokasi kegiatan Field Trip. Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan yang ada dan berbagai alternatif kebijakan publik yang dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan tersebut,” ujarnya.

Sementara itu seusai acara Bupati OKU Drs. H. Kuryana Aziz ketika diwawancarai, ia sangat mengapresiasi kegiatan kunjungan mahasiswa STISIP Bina Marta ini. dia juga mengatakan bahwa mahasiswa ini adalah agen perubahan, ia menerima masukan-masukan dari mahasiswa yang sifatnya membangun daerah.

“Mahasiswa itu adalah agent of change, agent of development, maka dari itu pelajaran yang didapat di bangku perkulihan agar dapat diaplikasikan secara langsung. Beri masukan, kritik dan saran kepada pemerintah yang dapat membangun daerah, bukan kritikan yang mengada-ada yang menjatuhkan pemerintah,” harapnya.