KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Bupati OKU Timur HM Kholid MD mengajak seluruh elemen pemerintah dan masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di Kabupaten OKU Timur. Hal itu diungkapkan Kholid saat membuka kegiatan Sosialisasi Peningkatan Rasa Solidaritas dan Ikatan Sosial Kalangan Masyarakat, yang dilaksanakan oleh Dinas Kesbangpol dan Linmas OKU Timur Rabu (22/11/2017) di Gedung Grahatani Martapura.

Menurut Kholid, sebuah daerah akan maju dan berkembang dengan pesat jika daerah tersebut kondusif dan aman serta nyaman. Untuk itu dia menghimbau kepada masyarakat untuk dapat bersama-sama menjaga keamanan di OKU Timur sehingga pengusaha lokal maupun dari luar bisa dengan nyaman dalam mengembangkan usaha untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

“Seluruh elemen dan komponen masyarakat memiliki tanggungjawab yang sama dalam menciptakan kondisi kondusif disetiap daerah,” katanya.

Sedangkan Kepala Intilijen Negara Daerah (Kabinda) Sumsel TNI H Edmil Nurjamil mengatakan, dalam penangan konplik sosial ada tiga hal yang harus dilakukan yakni pencegahan, penanganan dan pemulihan. Negara Indonesia kata dia, pernah mengalami konplik sosial antar suku seperti suku Madura dengan Dayak.

“Ini merupakan salah satu contoh penangan masalah kecil yang tidak selesai sehingga menjadi masalah  besar. Contoh kedua masalah Sambas antara suku Madura dan Suku Melayu yang pemicunya merupakan masalah kecil,” katanya.