Satu Pelaku Penembakan Anggota Polisi Berhasil Diringkus

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Satu dari dua pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) berhasil diringkus Anggota Sat Reskrim Polres OKU Timur. Pelaku yang sebelumnya sempat buron setelah terlibat baku tembak dengan anggota Polsek Cempaka saat melakukan penggerebekan di Desa Ulak Baru, Kecamatan Cempaka, baku tembak tersebut mengakibatkan Brigadir Tri Guntoro tertembak beberapa waktu yang lalu.

Pelaku yang diketahui bernama Agus Trisantoso alias Lebos (30) tercatat sebagai warga Desa Campang Tiga, Kecamatan Cempaka ini tak berkutik saat anggota terpaksa melumpuhkan kedua kakinya dengan timah panas.

Kapolres OKU Timur AKBP Irsan Sinuhaji melalui Kasat Reskrim AKP Faisal P Manalu, ketika dikonfirmasi Sabtu (25/11/2017) mengatakan, penangkapan pelaku Agus Trisantoso merupakan hasil dari pengembangan yang dilakukan anggota terhadap pelaku Muhamad Arif (26), warga Desa Kangkung, Kecamatan Semendawai Barat, yang sebelumnya berhasil diringkus anggota.

Agus alias Lebos berhasil diringkus saat berada ditempat persembunyiannya yang berlokasikan di wilayah Serang Banten, pada Rabu (23/11/2017) lalu, pukul 11.00 WIB.

“Kita terpaksa berikan tindakan tegas dengan melumpuhkan kedua kakinya, karena saat ingin ditangkap pelaku terus berupaya melarikan diri meski anggota sudah berikan tembakan peringatan berulang kali agar berhenti,” ungkapnya.

Berdasarkan laporan pihak kepolisian nomor: LP-B/16/ XI/2017/Sumsel/OKUT/Sek Cempaka, tanggal 15 November 2017, pelaku Arif dan Lebos merupakan dua dari tiga anggota komplotan Curas yang melakukan aksinya terhadap korban Feri Atmajaya (25) warga Desa Betung Timur RT/RW: 002/001, Kecamatan  Semendawai Barat, Kabupaten OKU Timur.

“Mereka merupakan kawanan JT (DPO) pelaku yang menembak anggota kita, saat itu anggota Polsek Cempaka akan melakukan penggerbekan di Desa Ulak Baru. Semoga dalam waktu dekat ini JT berhasil kita tangkap,” ujarnya.

Kasat menambahkan, sejauh ini pihaknya masih melakukan pengembangan terkait adanya kemungkinan para pelaku terlibat dalam kasus Curas di lokasi lainnya. Selain itu, lanjut Kasat, untuk pelaku JT (DPO) dihimbau agar menyerahkan diri sebelum anggota melakukan gerakan dengan tindakan tegas.

“Kasus ini juga masih kita kembangkan, untuk memastikan kemungkinan pelaku jterlibat aksi curas di lokasi lain. Sesuai instruksi Kapolres, kita menghimbau agar JT segera menyerahkan diri, sebelum anggota berhasil menangkap dan berikan tindakan tegas,” tegasnya.

Sementara menurut pengakuan Lebos, pihaknya mengenal JT (DPO) namun yang melakukan penembakan terhadap anggota Brigadir Tri bukan dirinya.

“Iya saya kenal dengan JT tapi bukan saya yang menembak anggota itu pak. Karena yang memegang Senpira itu JT,” jelasnya.