Lurah Dusun Martapura, Kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Timur Erna Anggraini.

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Sebanyak 150 kepala keluarga yang ada di Kelurahan Dusun Martapura, Kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Tumur sejak Desember 2017 akan mendapatkan Kartu Indonesi Sehat (KIS) yang pendistribusiannya sendiri akan dilakukan langsung oleh pemerintah pusat.

Lurah Dusun Martapura, Kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Timur Erna Anggraini, Senin (4/12/2017) mengaku tidak mengetahui secara pasti siapa-siapa masyarakat yang mendapatkan kartu KIS tersebut karena semuanya dilakukan oleh pemerintah pusat.

“Kelurahan Dusun Martapura hanya mengetahui jumlah Kartu Keluarga yang mendapatakan KIS saja. Selebihnya kita tidak mengetahuinya karena semuanya merupakan program pemerintah pusat,” katanya.

Menurutnya,  Kartu Indonesia Sehat (KIS) merupakan kartu yang berfungsi untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat sehingga bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis dan maksimal. Penggunanya dapat menggunakan kartu tersebut pada setiap fasilitas kesehatan tingkat pertama dan tingkat lanjut.

“KIS merupakan jaminan kesehatan yang diperuntukan bagi masyarakat yang tidak mampu atau hanya diperuntukan bagi seseorang yang di mana kondisi ekonominya sangat lemah,” jelasnya.

Dikatakan, pemakaian KIS dapat dilakukan di mana saja, baik di klinik, puskesmas atau di rumah sakit mana pun yang ada di Indonesia.

“Kami berharap untuk masyarakat yang mendapatkan KIS harus dipergunakan sebagai mana mestinya dan jangan takut untuk berobat,” pungkasnya.