Petugas Cabang Rutan Martapura saat melakukan Razia Kamar Warga Binaan Pemasyarakatan.

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Petugas Rumah Tahanan (Rutan) Cabang Martapura, Kabupaten OKU Timur menemukan sejumlah barang berbahaya yang tidak semestinya dimiliki dan diletakkan di kamar warga binaan (Penghuni Lapas) Rutan Cabang Martapura.

Razia yang digelar secara rutin tersebut bertujuan untuk mengantisipasi adanya peredaran gelap narkoba dan benda-benda terlarang didalam sel tahanan Rutan Cabang Martapura.

Bahkan untuk mengantisipasi adanya barang terlarang berada di dalam lapas, petugas menyediakan nomor SMS Online sebagai sarana dalam melaporkan jika ada keluarga yang mengetahui hal-hal yang membahayakan berada di adalam rumah tahanan tersebut.

Kepala Cabang Rutan Martapura Royhan Al Faisal Rabu (6/12/2017) mengatakan, selama satu bulan terakhir sejak November hingga awal Desember 2017 Rumah Tahanan Cabang Martapura melakukan razia sebanyak delapan kali. Dari hasil penggeledahan kamar warga binaan, petugas menemukan sejumlah barang yang tidak diizinkan berada didalam kaamar Rutan Martapura.

“Kita menemukan 34 buah sendok stainlis, tujuh korek api, satu buah pemotong kuku, enam buah sikat gigi yang diruncingkan, dua set kartu remi, delapan unit Handphone, satu alat musik, dan satu gunting kecil,” katanya.

Razia ini bertujuan untuk mencegah dan meminimalisir, adanya barang-barang terlarang yang masuk di dalam kamar warga binaan Cabang Rutan Martapura. Semua barang terlarang yang berhasil ditemukan langsung disita untuk dimusnahkan.

“Sedangkan untuk WBP yang kedapatan menyimpan, memiliki, menyembunyikan HP dan barang-barang terlarang akan diberikan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku mulai dari diselkan atau dipindahkan,” katanya.