Bupati OKU Timur HM Kholid MD menyerahkan hadiah kepada peserta lomba karya tulis dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI).
loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Peringatan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) tahun 2017 di OKU Timur diperingati dengan perlombaan karya tulis yang diikuti oleh seluruh Kepala Desa (Kades) yang ada di Kabupaten OKU Timur.

Lomba karya tulis tersebut dilaksanakan selama beberapa hari dengan tema mengenai wawasan dalam penggunaan dana desa yang merupakan implementasi dari berbagai penjelasan hukum dalam pengelolaan dana desa yang sebelumnya telah disampaikan kepada seluruh kepala desa di OKU Timur oleh pihak kejaksaan negeri OKU Timur.

Hadir dalam peringatan puncak HAKI yang digelar Jumat (8/12/2017) di kantor kejaksaan negeri OKU Timur Bupati OKU Timur HM Kholid MD, Kapolres, sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta seluruh kepala desa dan camat di OKU Timur.

Dalam sambutannya Bupati OKU Timur menyampaikan bahwa seluruh elemen pemerintah maupun masyarakat bisa melakukan tindakan korupsi. Namun hal itu bisa dicegah dengan agama yang dapat mengontrol prilaku korupsi tersebut.

“Saat ini kepala desa yang ikut lomba nulis besok Camat.  Penataan karya tulis yang berkaitan dengan dana desa kita harapkan akan menambah wawasan dan kemampuan Kades dalam mengelola dana desa,” katanya.

Gerakan pemberantasan korupsi kata dia, tidak lepas dari agama dan keluarga, karena dengan pondasi agama yang kuat orang akan takut melakukan kesalahan. Selain itu dalam upaya mencegah tindakan korupsi pola pikir seluruh masyarakat pemerintah dan stakeholder harus dirubah.

Sedangkan Kajari OKU Timur Ismaya SH.MHum mengucapkan terimakasih atas peran aktif dan peran serta seluruh kalangan dalam memperingati HAKI tersebut.

“Saat ini Kepala Desa menjadi sorotan karena mereka mengelola langsung dana desa. Dengan adanya lomba karya tulis ini diharapkan kemampuan kepala desa bisa meningkat,” katanya.

Hingga tahun 2017 penggunaan dana desa sudah berjalan selama tiga tahun terakhir dengan jumlah anggaran yang terus bertambah setiap tahunnya.