Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat menanam padi organik untuk memberikan contoh kepada masyarakat secara langsung.

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Pertanian organik merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten OKU Timur. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk terus meningkatkan hasil pertanian organik tersebut. Mulai dari luas lahan pertanian organik yang terus ditingkatkan hingga peningkatan pertumbuhan tanaman sehingga dapat menghasilkan beras organik yang lebih banyak dan lebih sehat dibandingkan menggunakan pupuk kimia.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD dalam upaya meningkatkan pertanian organik di Kabupaten OKU Timur Sabtu (9/12/2017) lalu menghadiri acara Demplot Perdana Pupuk Nutrisi Organik Plus (NOP) Di Desa Sumber Asri Kecamatan Buay Madang Timur Kabupaten OKU Timur.

Dalam sambutannya Kholid mengatakan, padi organik merupakan salah satu program unggulan pemerintah OKU Timur. Selain mengutamakan kualitas beras organik juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi di pasaran baik Lokal, Nasional, Internasional, Bahkan Tingkat pasar Dunia.

“Peminat beras organik ini sangat banyak sehingga banyak dicari oleh masyarakat. Bahkan bisa jadi ke depan setiap orang yang akan mencari beras organik mereka akan datang ke OKU Timur. Untuk itu mulai saat ini kita harus terus meningkatkan baik luas lahan maupun hasil pertanian,” katanya.

Bupati OKU Timur saat menjelaskan keunggulan pertanian organik dan kuntungannya kepada masyarakat..

Dikatakan Kholid masyarakat pada zaman dahulu mengutamakan makan untuk menjadi kenyang. Namun pada zaman yang serba Millenium seperti saat ini masyarakat ketika mengkonsumsi makanan lebih mengutamakan makanan sehat. Untuk itu dalam rangka memberikan dukungan kepada petani yang mengembangkan dalam menanam padi organik Pemerintah Kabupaten OKU Timur tahun 2018 mendatang bertekad akan membangun pabrik khusus penggilingan padi organik.

Dengan adanya pabrik padi organik tersebut harapan pemerintah tentunya setiap hasil panen padi organik petani dapat di olah daerah terdekat sehingga petani tidak perlu khawatir akan pengolahan dari hasil pertanian organik tersebut.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD bersama rombongan saat menuju lokasi pertanian padi organik.

“Pabrik padi organik dapat menghasilkan kualitas dan nilai jual dari hasil panen yang lebih tinggi dibandingkan menggunakan pabrik yang biasa digunakan untuk mengolah padi konvensional,” kata Kholid.

Dengan adanya Demplot Perdana Pupuk Nutrisi Organik Plus (NOP) tersebut dapat meningkatkan pengetahuan dan ilmu tentang pertanian organik.

“Harapan Kita semua petani mulai saat ini menggunakan pupuk organik,” katanya.