Tim terpadu yang terdiri dari Dinas Perdagangan, Polres, dan Sat Pol PP saat melakukan sidak dan berdialog dengan pedagang untuk memastikan ketersediaan sembako dan harga.

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Untuk memastikan ketersediaan stok sembako di Kabupaten OKU Timur menjelang perayaan Natal dan pergantian tahun 2018, Dinas perdagangan, bersama Polres, dan Satpol PP OKU Timur menggelar inspeksi mendadak (Sidak) di pasar Martapura Selasa (12/12/2017).

Sidak ketersediaan dan harga di pasar Martapura tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres OKU Timur AKBP Irsan Sinuhaji, Kasat Pol PP dan Kepala Dinas Perdagangan OKU Timur. Selama melaksanakan sidang tim melakukan diskusi dengan pedagang dan pembeli untuk memastikan harga dan ketersediaan sembako menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Tidak ada kenaikan yang signifikan. Meskipun ada kenaikan masih terbilang normal dan wajar. Hanya beras yang mengalami kenaikan. Meskipun OKU Timur merupakan daerah penyuplai beras nomor dua di Sumatera Selatan namun karena saat ini mengalami Peceklik, sehingga beras mengalami kenaikan. Namun masih dalam tahap kewajaran,” katanya.

Baik Polres, Dinas Perdagangan maupun Pol PP kata dia, selalu melakukan monitoring dan sudah membentuk tim terpadu untuk mengawasi ketersediaan dan perkembangan harga sembako di pasaran yang dilaporkan setiap hari sehingga jika ada kenaikan atau kelangkaan, pemerintah bisa langsung mengambil langkah agar tidak ada kesulitan dan gejala di tengah-tengah masyarakat.

Sedangkan Kepala Dinas Perdagangan Hj Sri Inasih menambahkan, untuk stok sembako menjelang Natal dan Tahun Baru masih terbilang cukup. Demikian juga dengan harga. Masih terbilang stabil dan tidak ada kenaikan yang signifikan. “Kita selalu memantau perkembangan ketersediaan maupun harga sembako,” katanya.