Kajari OKUT: Narkoba Jadi Pemicu Pelaku Kejahatan

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Sebanyak 13 pucuk senjata api rakitan, 89,116 gram narkotika yang terdiri dari sabu-sabu, ganja dan ekstasi, serta 42 senjata tajam hasil sitaan dari tindak kejahatan, dimusnahkan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten OKU Timur. Adapun barang bukti tersebut didapatkan dari sejumlah kasus yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap. Pemusnahan barang bukti dilakukan di halaman kantor Kajari OKU Timur, Rabu (13/12/2017).

Dalam pelaksanaan pemusnahan ini dihadiri oleh Wakil Bupati OKU Timur Fery Antoni beserta Unsur Muspida, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Ir M Husin, Ketua dan anggota Granat OKU Timur, tokoh agama, tokoh pemuda serta tokoh masyarakat yang menyaksikan langsung pemusnahan barang bukti tersebut.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) OKU Timur Ismaya Hera Wardanie SH MHum, ketika diwawancarai mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan tersebut merupakan sejumlah BB yang terhitung sejak Desember 2016 hingga November 2017.

“Jumlahnya mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Ini merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan Jaksa Agung RI tentang pemusnahan barang paksaan. Melengkapi sebagai alat bukti persidangan dan dinyatakan dirampas untuk dimusnahkan,” katanya.

Lanjut Kajari, pihaknya berharap dukungan dan sinergi dari semua unsur agar dapat meminimalisir angka kriminalitas dan peredaran narkoba di Kabupaten OKU Timur kedepan. Karena menurutnya, para pelaku kejahatan sebagian besar mengaku melakukan tindak kejahatan untuk memenuhi kebutuhan serta ketergantungan akan narkoba.

“Jadi pemicu dari tidak kejahatan bukan lagi masalah ekonomi yang tidak tercukupi. Namun lebih kepada pengaruh narkoba. Mari kita selamatkan generasi muda. Ayo kita bersama-sama bersinergi dalam memerangi narkoba. Peran terbesar adalah lingkungan terdekat. Sedangkan hukum adalah lapisan terluar atau alternatif terakhir,” ujarnya.

Sementara, Wakil Bupati OKU Timur Fery Antoni SE mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi atas pencapaian dan kinerja aparatur penegak hukum, baik Kepolisian maupun Kejaksaan Negeri OKU Timur dalam memberantas peredaran narkoba dan tindakan kejahatan lainnya.

“Atas nama Pemkab OKU Timur mewakili pak Bupati, saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi prestasi kepolisian dan kejaksaan OKU Timur. Sudah menjadi komitmen kita bersama untuk memberantas peredaran narkoba dan premanisme, bahkan telah dibuat kesepakatan bersama secara tertulis dengan seluruh unsur yang ada,” katanya.