KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Sejumlah petani lahan sawah di Kabupaten OKU Timur mulai melakukan penanaman penggarapan dan penanaman lahan sawah akhir tahun 2017 dengan estimasi panen awal tahun 2018.

Dari pantauan dilapangan, para petani di sejumlah kecamatan sudah mulai melakukan penanaman padi. Meski sebagian petani masih melakukan penggarapan dan penyemaian bibit, namun masa panen diprediksi akan bersamaan dan tidak akan berbeda terlalu jauh dengan sawah lainnya.

“Panen raya biasanya sekitar bulan Februari atau Maret. Namun sebelum panen raya. Biasanya sudah ada sebagian petani yang melakukan pemanenan,” ungkap Heri (30) warga Kecamatan Buay Madang ketika diwawancarai saat sedang menggarap lahan Minggu (24/12/2017).

Heri berharap ketersediaan pupuk pada musim tanam kali ini tidak seperti sebelumnya. Petani selalu kesulitan mendapatkan pupuk setiap kali musim tanam tiba.

“Meskipun ada stok, namun harga cukup tinggi. Petani mau tidak mau terpaksa membeli karena kalau tidak pertumbuhan padi akan terganggu yang berimbas pada buahnya,” katanya.

Sementara Toni petani lainnya berharap agar hasil panen pada musim tanam kali ini normal dan tidak mengalami penurunan hasil panen akibat penyakit seperti yang terjadi pada musim sebelumnya.

“Mudah-mudahan tidak terjadi gagal panen mas. Musim tanam pertengahan tahun lalu banyak petani yang mengalami gagal panen akibat serangan hama dan penyakit padi yang menjadi kerdil,” katanya.