Selama Tiga Tahun Jumlah Pemilih di OKU Timur Naik 147.323

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2018 jumlah mata pilih di Kabupaten OKU Timur mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan pilkada Serentak 2015.

Menurut Ketua KPU Kabupaten OKU Timur H Leo Budi Rachmadi SE ketika dikonfirmasi Senin (15/1/2018) mengatakan, saat pelaksanaan Pilkada serentak Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015 lalu, jumlah mata Pilih di Kabupaten OKU Timur sebanyak 486.487 mata pilih. Sedangkan untuk tahun 2018 pilkada Gubernur dan wakil Gubernur jumlah mata pilih mengalami peningkatan menjadi 633.810 mata pilih.

“Dalam kurun waktu tiga tahun mata pilih mengalami peningkatan sebanyak 147.323 mata pilih. Sebagian besar penambahan mata pilih tersebut berasal dari pemilih pemula. Namun ada juga penambahan yang berasal dari perpindahan penduduk,” katanya.

Leo menambahkan, jumlah mata pilih terbanyak masih tidak berubah dari pilkada yang sebelumnya. Jumlah mata pilih terbanyak yang pertama yakni wilayah Kecamatan Buay Madang Timur sebanyak 54.580 mata pilih yang disusul dengan kedua Kecamatan Martapura sebanyak 52.152 mata pilih. Sedangkan Kecamatan Belitang berada pada peringkat ketiga sebanyak 49.590 mata pilih.

“Petugas di lapangan terus melakukan pendataan agar masyarakat yang benar-benar berhak untuk memilih tidak terlewatkan. Demikian juga sebaliknya. Tujuan kita adalah agar partisipasi pemilih pada pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur ini meningkat dibandingkan sebelumnya,” tambahnya.