Sejumlah Petani di Kabupaten OKU Timur saat memanen hasil pertanian organik
loading...

UPAYA pemerintah Kabupaten OKU Timur untuk mensejahterakan masyarakat akhirnya mulai membuahkan hasil. Terbukti dengan diresmikannya beras organik produksi Kabupaten OKU Timur menjadi beras resmi selama pelaksanaan asian games 2018 Jakarta-Palembang yang akan dikonsumsi seluruh atlet dan official dari seluruh negara Asean peserta Asian Games tersebut.

Dengan diresmikannya beras organik OKU Timur sebagai beras resmi pada perhelatan asian games, maka secara tidak langsung beras hasil produksi para petani OKU Timur akan dikenal di sejumlah negara asia. OKU Timur mendapatkan promosi langsung secara gratis kepada seluruh peserta Asian Games.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD

“Sesuai dengan janji saya. Maka beras organik OKU Timur akan menjadi makanan resmi atlet official asian Games 2018 mendatang,” kata Alex Noerdin dihadapan seluruh tamu undangan pada pelaksanaan HUT OKU Timur ke-14, Rabu (17/1/2018) lalu.

Sejumlah Petani di Kabupaten OKU Timur saat memanen hasil pertanian organik

Wacana menjadikan beras organik sebagai makanan sehat Atlet Official Asian Games tersebut diungkapkan Gubernur Sumsel pada Desember 2016 lalu ketika melakukan kunjungan ke Kabupaten OKU Timur dalam rangka meninjau kondisi jalan BK 0 Petanggan.

Kepala Dinas Pertanian saat menunjukkan kemnasan beras organik OKU Timur

Menurut Alex, pemerintah OKU Timur harus mampu menangkap peluang agar produk unggulan OKU Timur yakni beras organik yang saat ini sedang gencar digalakkan dikenal masyarakat luas hingga mancanegara mengingat beras organik merupakan beras sehat yang dikembangkan tanpa menggunakan pupuk kimia.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat melakukan penanaman pertanian organik

Menurut Alex, dengan mempromosikan beras Organik OKU Timur saat Asian Games, maka pemerintah OKU Timur tidak perlu susah-susah mempromosikannya lagi karena nanti seluruh negara yang ikut dalam Asian Games akan segera mengetahui apa keunggulan dari beras organik tersebut yang tentunya mereka akan segera tau daerah mana yang menghasilkannya.

Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin saat meninjau dan mendengarkan penjelasan tentang beras sehat beras organik

“Buat spanduk di beberapa tempat yang menyatakan bahwa atlet dan official Asian Games mengkonsumsi beras organik OKU  Timur. Dengan demikian produk OKU Timur ini akan segera dikenal. Manfaatkan perhelatan besar itu untuk mempromosikan hasil unggulan OKU Timur,” kata Alex akhir tahun 2016 lalu.

Bupati OKU Timur saat berkunjung ke Tasikmalaya dalam rangka belajar pertanian organik untuk di ekspor ke luar negeri

Sementara Bupati OKU Timur HM Kholid MD mengatakan, bahwa Pemerintah OKU Timur menargetkan hasil pertanian organik sebanyak 1000 ton beras pada tahun 2017 dengan luas lahan pertanian organik yang akan dikembangkan seluas 125 Hektare (Ha). Jumah tersebut menurut Bupati OKU Timur HM Kholid MD mampu memenuhi kebutuhan Atlet-Official pada pelaksanaan Asian Games 2018 mendatang.

Bupati OKU Timur dan bupati Waykanan saat menjalin kerjasama pemasaran beras organik

Menurut Kholid, untuk saat ini jumlah lahan padi organik yang sudah disertifrikasi seluas 51 Ha, namun pemerintah terus melakukan perluasan lahan dengan target tahun 2017 mencapai 125 Ha pertanian organik. (adv).

Aliran irigasi tekhnis yang mengairi ribuan Hektare lahan pertanian sawah termasuk pertanian organik

 

Baca Juga: Alex Noerdin Rekomendasikan Beras Organik OKUT Menjadi Makanan Sehat Atlet-Official Asian Games 2018

Baca Juga: HM Kholid MD: OKUT Siap Penuhi Kebutuhan Beras Organik Asian Games 2018