PMR SMK Kesehatan Bina Marta Martapura Manfaatkan Ruang Terbuka Hijau Untuk Pengukuhan

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Sebanyak 84 anggota Palang Merah Remaja (PMR) SMK Kesehatan Bina Marta Martapura resmi dikukuhkan. Pelantikan dan pengukuhan dilaksanakan di Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten OKU Timur dan memanfaatkan Hutan Kota untuk kegiatan Outbund yang berada di Kompelks Perkantoran Pemkab OKU Timur pada Sabtu – Minggu (20-21/1/2018) ini berjalan dengan lancar.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala SMK Kesehatan Bina Marta Martapura, Bonirin, S, HI. dan dihadiri oleh Pembina PMR SMK Kesehatan Bina Marta Martapura, guru-guru SMK Kesehatan Bina Marta, pembina PMR SMK Negeri 1 Martapura, PMR Unit SMK YIS Martapura, PMR unit SMK Negeri 1 Martapura dan PMR Unit SMA N 1 Martapura.

Dalam sambutannya Kepala SMK Kesehatan Bina Marta Martapura mengatakan dengan dikukuhkannya anggota PMR yang baru semoga dapat berperan penting bagi perkembangan sekolah. PMR juga diharapkan harus eksis dengan anggota-anggota baru yang terus berkembang pula. Oleh karena itu, kegiatan peresmian anggota baru perlu dilakukan.

“Dengan pelantikan dan pengukuhan anggota yang baru diharapkan dapat meningkatkan keterampilan hidup sehat dan menjadi anggota PMR yang aktif menjalankan program baik didalam sekolah maupun diluar sekolah. Karena peran aktif dari anggota PMR sangat dibutuhkan orang banyak,” katanya.

Bonirin menambahkan, Ada beberapa agenda kegiatan yang dilaksanakan setelah upacara pembukaan, diantaranya adalah pemberian materi tentang kepalangmerahan yang diberikan oleh fasilitator dari PMI Kabupaten OKU Timur. Di malam harinya dilanjutkan dengan Travelling Kepalangmerahan yang bertujuan untuk menguji materi kepalangmerahan yang telah diajarkan kepada seluruh anggota sebelum pengukuhan dilaksanakan.

“Travelling Kepalangmerahan ini bertujuan untuk menguji materi kepalangmerahan yang sudah diterima oleh seluruh anggota,” tambahnya.

Di tempat terpisah, Ketua Yayasan Bina Marta Martapura KRT Mursyid, S.IP, MM, M.Si sangat mengapresiasi kegiatan ekstrakurikuler PMR SMK Kesehatan Bina Marta Martapura. Dia juga berharap anggota yang baru dikukuhkan agar dapat mengimplemtasikan materi yang telah diberikan oleh fasilitator.

“Saya berharap dengan dikukuhkannya anggota PMR ini dapat membentuk jiwa sosial dari anggota PMR itu sendiri. Dan memiliki rasa kepedulian antar sesama serta handal dan tangguh sejak dini. Serta dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat sekitar baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah,” harapnya.

Sementara itu, Pengurus PMI Kabupaten OKU Timur dr. Dedy Damudy saat dihubungi via telepon mengatakan, PMR merupakan kader relawan dan calon pemimpin PMI kedepannya. PMR juga merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan di bidang kesehatan dan siaga bencana.

“Remaja berperan penting dalam pengembangan kegiatan kepalangmerahan baik pada perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan proses pengambilan keputusan untuk kegiatan PMI, oleh sebab itu menjadi prioritas pembinaan,” kata dr. Dedy Damhudy yang juga Direktur RSUD Martapura.