Kini UPT Pendidikan Sudah Berubah

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Semenjak berlakunya peraturan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Yang kemudian dilanjutkan dengan PP nomor 18 tahun 2016 serta permendagri nomor 12 tahun 2017 dan surat edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 061 tertanggal 4 Desember 2017. Dalam peraturan tersebut menerangkan bahwa tidak ada lagi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan dan kini sudah berganti menjadi Koordinator Wilayah Kecamatan.

“Sejak diberlakukannya surat edaran tersebut tidak ada lagi UPT Pendidikan tapi berubah menjadi koordinator wilayah kecamatan,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur Drs. M. Ali, MM. Senin (22/1/2018).

Untuk di wilayah Kabupaten OKU Timur sendiri, sudah ditindaklanjuti dengan turunnya Peraturan Bupati (Perbub) setelah mendapat persetujuan dari Gubernur Sumatera Selatan.

“Pembagaian koordinator wilayah kecamatan ini nantinya tetap per kecamatan, hanya saja jabatannya tidak seperti jabatan sebelumnya dan tidak ada esselon,” ujarnya.

Lanjut Ali, kedepan juga akan melakukan seleksi untuk penempatan koordinator wilayah kecamatan. Dimana dari hasil seleksi tersebut nanti akan ditetapkan koordinator perwilayahnya.

“Saat ini Perbubnya baru turun, semoga dalam waktu dekat kita akan melakukan seleksi untuk penempatan koordinator wilayah pengganti dari UPT pendidikan yang sudah dilebur,” lanjutnya.

Selain itu, Ali juga menerangkan bahwa dengan ada perubahan nomenklatur di tubuh dunia pendidikan, ia berharap supaya semua pejabat dilingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayan yang baru saja dilantik dapat berinovasi dalam meningkatkan kinerja pelayanan pendidikan, sehingga program yang sudah dibuat pada tahun ini dapat dijalankan dengan baik.

“Dengan ditambahnya satu bidang kebudayaan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan semoga dapat lebih eksis lagi dan jauh akan lebih bagus lagi dari sebelumnya,” terangnya.