Todong Perawat, ‘Gerandong’ Dihadiahi Timah Panas

loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR –
Anggota Polsek Belitang III akhirnya berhasil meringkus seorang anggota kawanan Pencurian dengan Kekarasan (Curas) atau yang dikenal dengan sebutan ‘Gerandong’. Sebelumnya anggota kepolisian sempat kejar – kejaran dengan tersangka Bagus Setiawan (39) warga Desa Dadimulyo, Kecamatan Madang Suku II, Kabupaten OKU Timur. Tersangka berhasil ditangkap setelah dilumpuhkan dengan sebutir timah panas.

Menurut Kapolres OKU Timur, AKBP Irsan Sihaji SIK, melalui Kasat Reskrim, AKP Faisal P Manalu pelaku dibekuk berdasarkan laporan dari korban Sri Sunarsih (39) warga Desa Sinumarga, Kecamatan Belitang III yang merupakan seorang perawat. Hasil laporan tersebut tertulis pada LP.B/03/I/Res OKUT/Sek Belitang III, tanggal 25 Januari 2018.

“Pelaku kita bekuk tak lama setelah melakukan aksi kejahatannya, yang terjadi pada Kamis (25/01/2018), sekitar pukul 15.30 WIB. TKP nya di Jalan Tanggul Irigasi, Desa Nusa Raya, Kecamatan Belitang III,” kata Kasat Reskrim AKP Faisal P Manalu, Jum’at (26/01/2018).

Lanjut Kasat, korban sedang melintas di Tempat Kejadian Perkara (TKP) dengan mengendarai sepeda motor Honda Beat BG 4080 YAI warna merah. Kemudian secara tiba-tiba disalip oleh empat orang tersangka.

“Korban dicegat oleh kawanan pelaku, dua di depan dan dua lagi dari belakang. Kemudian pelaku yang di depan langsung menodongkan Senpi ke arah korban, dan meminta handphone korban. Selanjutnya, dua pelaku yang di belakang langsung merampas sepeda motor korban,” terangnya.

Setelah melakukan aksinya kepada korban, kawanan pelaku langsung melarikan diri ke arah Jalan Desa Nusa Raya. Tak lama kemudian, ada pengendara yang melintas di TKP dan menolong korban dengan menghubungi Polsek Belitang III.

“Mendapat laporan adanya tindak kriminal Curas, anggota Polsek Belitang III langsung melakukan pengejaran. Saat tiba di Desa Madugondo, Kecamatan Belitang Jaya, anggota melihat sepeda motor yang ciri-cirinya sama dengan yang digunakan kawanan pelaku, dan anggota langsung mengejarnya,” terang Faisal P Manalu.

Kasat menambahkan, sampai di Jalan Desa Sumber Agung, ketiga sepeda motor yang dikendarai kawanan pelaku tersebut langsung dihentikan oleh petugas, namun ketiganya langsung berusaha kabur dan terjadilah aksi kejar-kejaran. Salah seorang kawanan pelaku bernama Bagus, terdesak dan berlari meninggalkan sepeda motornya ke arah persawahan warga.

“Kemudian oleh anggota kita diberikan tembakan peringatan, tapi tersangka tetap saja berusaha kabur dan terpaksa dilakukan tindakkan tegas dan terukur dengan menembak kaki bagian kirinya, barulah tersangka menyerahkan diri. Saat ini, kita masih memburu ketiga pelaku lainnya, dan identitasnya sudah dikantongi,” ujarnya.

Selain berhasil membekuk tersangka, anggota Polsek Belitang III juga berhasil menyita barang bukti berupa satu unit sepeda motor warna hitam BG 5168 FAG, satu buah tas selempang warna coklat berisi kunci T, tiga buah kunci pencongkel pintu rumah, dan satu kunci penjepit. Dihadapan petugas, pelaku Bagus mengakui semua perbuatannya.

“Iya pak, saya sudah enam kali melakukan begal motor (Curat.red) di Desa Jati Mulyo, Kecamatan Madang Suku II,” akunya.