Sejumlah Petani di Kabupaten OKU Timur saat memanen hasil pertanian organik

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Sebagai salah satu upaya pemerintah Kabupaten OKU Timur dalam mewujudkan kedaulatan pangan di Indonesia pada umumnya dan Kabupaten OKU Timur khususnya, pemerintah OKU Timur akan melaksanakan panen padi bersama di Desa Tanjung Mulya, Kecamatan Buay Madang Timur, Senin (29/1/2018). Panen bersama padi tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan kelompok tani Gemah ripah Desa Tanjung Mulya, Kecamatan Buay Madang Timur.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD beberapa waktu lalu mengatakan, Kabupaten OKU Timur merupakan salah satu kabupaten dengan penghasil pangan terbesar di Sumsel setelah. Dengan pengairan irigasi tekhnis yang diatur sedemikian rupa, setiap tahun Kabupaten OKU Timur terus melakukan perluasan lahan pertanian sawah baik irigasi tekhnis maupun lahan sawah tadah hujan dengan memanfaatkan berbagai lokasi yang dapat menunjang peningkatan hasil pertanian.

Tahun 2016 luas lahan pertanian sawah di Kabupaten OKU Timur mencapai  172.674 Hektar (Ha) denagn luas panen 162.973 Ha. Sedangkan untuk luas produksi mencapai 1.080745 Ha. Dalam kurun waktu satu tahun hingga tahun 2017, luas lahan tanam pertanian sawah di OKU Timur mengalami peningkatan menjadi 192.353 Ha.

“Tahun 2018 OKU Timur akan terus meningkatkan luas lahan pertanian sehingga bisa menunjang progam pemerintah untuk menjadikan Indonesia negara swasembada pangan,” kata Kholid beberapa waktu lalu.