Tahun 2018 Dana Desa Turun Menjadi 205,9 Miliar

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Turunnya angka kemiskinan di OKU Timur berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) OKU Timur menimbulkan Anggaran Dana Desa Kabupaten OKU Timur tahun 2018 dari pemerintah pusat mengalami penurunan dibandingkan tahun 2017.

Di tahun 2017 lalu anggaran dana desa yang diterima untuk 305 desa mencapai Rp. 305 Miliar, sedangkan pada tahun 2018 yang mengalami penurunan menjadi Rp. 205,9 Miliar. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) OKU Timur Ir Yos Sugiono melalui Sekretaris Dinas Drs M Solehan ketika dikonfirmasi Minggu (28/1/2018).

“Porsi dana desa tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang disamaratakan. Tahun ini dana desa diberikan berdasarkan angka penduduk miskin. Semakin sedikit penduduk miskin, maka anggaran dana desa yang diterima juga semakin kecil seperti dana desa yang kita terima tahun ini yang mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya,” katanya.

Lanjut Solehan, sedangkan untuk pencairan dana desa tersebut akan segera dicairkan dalam waktu dekat sesuai dengan informasi yang diterima dari pemerintah pusat. Namun untuk kepastian pencairannya, pihaknya belum bisa menentukan karena terlebih dahulu pihaknya akan melakukan pembayaran Alokasi Dana Desa (ADD).

“Jadi mana yang didahulukan masih menunggu petunjuk dari bupati OKU Timur, HM Kholid MD,” ujarnya.

Solehan menambahkan, jika dana desa mengalami penurunan, berbeda dengan ADD yang mengalami peningkatan. Tahun 2018 total APBD Kabupaten yang digelontorkan untuk ADD mencapai Rp 49 Miliar atau naik Rp. 10 Miliar dibandingkan tahun 2017 sebesar Rp 39 Miliar. Ia juga berharap melalui dana desa dan ADD yang diterima oleh desa dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Untuk ADD jumlah desa yang menerima mencapai 325 desa termasuk desa persiapan. Sama halnya dengan tahun-tahun sebelumnya pencairan ADD akan dilakukan secara bertahap. Harapan kita melalui dana desa dan ADD yang diterima geliat pembangunan di desa semakin meningkat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” harapnya.