Jelang Panen Raya, Harga Jagung Bertahan Rp3.100 Per Kilogram

Sejumlah petani jagung saat melakukan penjemuran jagung sebelum dijual.
loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR –  Harga jagung kering di Kabupaten OKU Timur saat ini mencapai hingga Rp.3000-Rp. 3100 per Kilogram. Meski belum memasuki puncak musim panen jagung, namun sebagian petani sudah melakukan pemanenan dan mulai melakukan penjualan.

Panen raya jagung diperkirakan akan jatuh pada bulan Februari-Maret mendatang. Namun  masyarakat mulai khawatir memasuki panen raya karena akan membuat harga jual jagung kering mengalami penurunan.

“Saat ini belum mulai panen raya jadi harga masih cukup tinggi. Yang dikhawatirkan adalah ketika panen raya tiba. Harga jagung bisa mengalami penurunan hingga Rp. 2.500 per kilogram,” ungkap Hasyim salah satu petani jagung Kecamatan Bunga Mayang ketika diwawancarai.

Baca Juga: Yang Kampanye Pakai Mobil Bak Terbuka Akan Ditilang Polisi

Menurut Hasyim, jagung yang berasal dari kecamatan Bunga Mayang cukup banyak bahkan bisa mencapai puluhan ton saat panen raya tiba. Banyaknya produksi jagung menyebabkan harga mengalami penurunan.

“Harapan kita agar tidak terjadi penurunan harga yang bisa saja menyebabkan petani mengalami kerugian. Namun harapan petani meskipun panen raya tiba, harga tetap stabil sehingga petani benar-benar bisa menikmati hasil pertaniannya,” katanya.

Sedangkan petani lainnya mengatakan, jagung yang berasal dari Kabupaten OKU Timur bukan hanya dijual ke kabupaten OKU timur saja melainkan ke sejumlah daerah dan provinsi tetangga mulai dari Palembang, Lampug, dan Sumbar dan sejumlah daerah lainnya.

Baca Juga: Kisah Tragis Mahasiswi Dilempar Pacarnya Sendiri ke Sungai

Baca Juga: KPU OKU Timur Bentuk Tim Untuk Lakukan Verifikasi Faktual Parpol Peserta Pemilu 2019