Peran Aktif Orang Tua Dapat Meningkatkan Mutu Pendidikan

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Pemerintah Daerah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melakukan Pembinaan Bupati dan Sosialisasi Program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten OKU Timur. Dalam kegiatan ini hadir Kapolres OKU Timur, Kepala Kejaksaan Negeri OKU Timur, dan kepala OPD.

Peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi berjumlah 1541 yang terdiri dari staf pejabat yang ada di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pengawas, penilik dan pamong belajar, kepala Paud, kepala sd dan kepala SMP, serta ketua Komite Sekolah se OKU Timur. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai rakyat Pemkab OKU Timur, Kamis (1/2/2018).

Dalam sambutannya kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten OKU Timur M. Ali mengatakan, bahwa Komite Sekolah merupakan lembaga mandiri orang tua atau wali murid komunitas sekolah dan juga tokoh masyarakat yang peduli akan pendidikan. Komite Sekolah memiliki fungsi dalam peningkatan mutu pendidikan secara gotong royong, demokratis, mandiri, profesional dan akuntabel.

“Komite sekolah memiliki fungsi dalam peningkatan mutu pendidikan baik secara gotong royong maupun demokratis. Berdasarkan permendikbud No 75 tahun 2016 diharapkan pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan dilakukan atas azas gotong royong melalui peran Komite Sekolah,” katanya.

Lanjut Ali, ada perubahan terhadap sistem zonasi sekolah. Pertama zonasi penerimaan peserta didik baru. Kedua, zonasi sarana dan prasarana dan fasilitas sekolah. Ketiga, pendidik dan tenaga kependidikan. Keempat, zonasi ujian nasional berbasis komputer.

Kesal Ditanya Kapan Kawin, Bujang ini Tega Bunuh Tetangganya yang Sedang Hamil Delapan Bulan

OKU Timur Penghasil Padi Terbesar Kedua se Provinsi Sumsel

Yang Kampanye Pakai Mobil Bak Terbuka Akan Ditilang Polisi

“Sekolah wajib menerima calon peserta didik baru yang berdomisili di sekitar sekolah sesuai daya tampung. Serta dalam pelaksanaan UNBK sekolah yang dalam satu wilayah agar dapat melakukan UNBK secara bersama-sama,” terangnya.

Sementara itu, Bupati OKU Timur HM. Kholid Mawardi, S.Sos, M.Si. mengatakan pada saat sosialisasi bahwa di dunia pendidikan selain Pemerintah perlu keterlibatan wali murid atau Komite Sekolah. Dengan adanya peranan Komite Sekolah dapat meningkatkan mutu Pendidikan di Kabupaten OKU Timur.

ADD TA 2017 Belum Turun, Tunggu Pekerjaan Tahap Pertama Selesai

Todong Perawat, ‘Gerandong’ Dihadiahi Timah Panas

Tercyduk… Modus Penipuan Oknum Honorer Ditangkap Bareskrim

“Peran orang tua sangat penting untuk pendidikan. Karena hasil penelitian proses pendidikan itu tidak berhasil tanpa peran aktif orang tua,” ujar Kholid.