Jumlah Kursi Anggota DPRD OKU Timur di Tahun 2019 Tidak Ada Perubahan

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Berdasarkan jumlah mata pilih pada pilkada gubernur dan wakil Gubernur tahun 2018 kemungkinan tidak ada perubahan jumlah kursi DPRD. Sehingga jumlah kursi anggota DPRD Kabupaten OKU Timur periode 2019 tidak berbeda dengan jumlah pada pemilihan legislatif 2014 lalu sebanyak 45 kursi. Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU OKU Timur H Leo Budi Rachmadi SE, Selasa (6/2/2018).

Menurut dirinya, perubahan itu hanya terjadi pada jumlah Daerah Pemilihan (Dapil) yang sebelumnya berjumlah lima dapil bisa berubah menjadi lima Dapil, enam atau delapan dapil tergantung dengan letak geografis.

“Wacana pengusulan penambahan jumlah dapil berdasarkan pemerataan, geografi, jumlah penduduk, budaya dan lain-lain. KPU kabupaten hanya mengusulkan saja, untuk penetapan sepenuhnya ditetapkan oleh KPU RI,” katanya.

Lanjut Leo, pada pileg 2014 lalu ada 10 peserta partai yang mengikuti. Sedangkan untuk jumlah partai yang akan mengikuti pilkada legislatif 2019 berjumlah 14 partai.

“Ada 10 partai yang merupakan peserta pemilu pada pileg 2014 lalu dan empat partai merupakan partai peserta baru yang sudah diverifikasi,” imbuhnya.