Pastikan UNBK Berjalan Lancar, MKKS SMK Gelar Bimtek

loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten OKU Timur sudah melakukan berbagai persiapan. Diantaranya dengan melakukan Bimbingan Proktor dan Teknisi, dalam menyambut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018.

Peserta yang mengikuti bimtek sebanyak 74 orang Proktor dan Teknisi UNBK SMK baik negeri maupun swasta dari MKKS SMK Kabupaten OKU dan OKU Selatan maupun dari MKKS OKU Timur sendiri. Kegiatan tersebut menghadirkan Narasumber pembicara dari tim Staf Seksi Kurikulum Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, yang digelar di Aula SMKN 1 Martapura OKU Timur, Jumat (9/2/2018)

Menurut Kepala SMKN 1 Martapura, Drs Ribut Setiadi yang juga selaku Ketua MKKS SMK Kabupaten OKU Timur saat diwawancarai mengatakan, bahwa kegiatan Bimbingan Proktor dan Teknisi UNBK tahun 2018 ini perdana digelar yang juga dihadiri langsung oleh Ketua MKKS SMK Se-OKU Raya.

“Tentunya melalui kegitan ini, kita mengharapkan adanya keterbukaan informasi untuk menyukseskan penyelenggaraan UNBK tahun ketiga, 2018. Mengingat masih banyak sekolah yang mempunyai kendala baik dalam proktor dan teknisi sarana serta prasarana UNBK.” katanya.

Lanjut Ribut, sejauh ini sudah hampir 100 persen SMK di OKU Timur mengikuti UNBK dengan baik. Serta Melalui kesempatan tanya jawab dari pihak sekolah dan tim Provinsi harapanya kedepaan semoga sekolah-sekolah SMK dapat memecahkan masalah dan kendala yang ada.

“Untuk itulah, kita berharap dengan adanya Bimtek ini, dapat meningkatkan kemampuan petugas UNBK,” ujar Ribut Setiadi, yang juga menjabat sebagai Kepala SMKN I Martapura.

Sementara itu, Normala Jafrim ST SPd Ketua MKKS SMK Kabupaten OKU Selatan mengapresiasi kegiatan bimbingan proktor dan teknisi UNBK tahun 2018. Dirinya mengakui sangat terbantu atas informasi yang diberikan lansung oleh tim Diknas Provinsi Sumsel. Sehingga terus mendapat wawasan untuk dibawa pulang ke kabupaten OKU Selatan.

“Sebayak 10 SMK Negeri dan Swasta dan baru satu sekolah perdana mengikuti UNBK pada tahun 2018 ini. Yaitu, SMK Negeri 1 OKU Selatan. Dengan demikian harapan kedepan melalui Bimbingan Proktor dan Teknis seluruh sekolah SMK di OKU Selatan, dapat melansungkan UNBK secara bersamaan,” pungkasnya.

Normala juga menambahkan, selama ini pihaknya masih terkendala dengan sinyal yang lemah, karena belum 3G. Tapi sekarang sudah dibangun tower pemancara, dan didukung hotspot sehingga sudah lancar.

“Mengingat kendala listrik dan Internet menjadi masalah utama dalam mengikuti UNBK, namun sekarang sudah dapat teratasi sehingga kami tetap berharap, dari Bimtek ini bisa mendapatkan informasi yang akurat tentang penanganan kendala UNBK,” tambahnya.

Disisi lain, Hj Nur’azani Aini yang didampingi Tim Proktor dan Teknisi, Swardjono S Sos, Angga Promono A Md dan Very Kurniawan ST selaku Staf Seksi Kurikulum Bidang SMK Dinas Provinsi Sumatera Selatan saat dibincangi awak media menjelaskan, menyambut baik acara bimbingan proktor dan teknisi UNBK tahun 2018. Gabungan ketiga kabupaten ini sangat membantu dalam menyukseskan penyelenggaran UNBK Diknas Provinsi Sumsel.

“Semangat yang luar biasa dari Gabungan Ketiga Kabupaten ini untuk memecahkan masalah dan menyukseskan peyelenggaraan UNBK. Melihat dalam kesiapan UNBK, tahun ketiga ini, seluruh SMK Negeri dan Swasta di Kabupaten OKU Timur sudah 92 persen pencapaian dalam kesanggupan mengikuti ujian berbasis komputer. Kita apresiasi, harapanya Kabupaten lain juga dapat mencontoh SMK yang ada di Kabupaten OKU Timur,” jelasnya