Seluruh Parpol Mengusulkan Tetap Lima Dapil

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – KPU Kabupaten OKU mengelar rapat koordinasi uji publik untuk penyusunan daerah pemilihan dan alokasi kursi pemilihan umum anggota DPRD Kabupaten OKU Timur untuk pemilihan tahun 2019. Kegiatan rapat dihadiri oleh Bupati OKU Timur, Kajari OKU Timur, Kapolres OKU Timur, Panwaskab, Pengurus parpol, dan sejumlah ormas di OKU Timur yang dilaksanakan di aula RM Siang Malam, pada Sabtu (10/2/2018).

Menurut Ketua KPU Kabupaten OKU Timur, Leo Budi Rachmadi SE dalam paparannya saat rapat, pemetaan awal ada 7 alternatif dapil namun setelah dibahas maka menjadi beberapa alternatif, diantaranya 5 dapil, 6 dapil dan 8 dapil. Nantinya, akan dilakukan uji publik yang bertujuan untuk menampung masukan, baik dari unsur parpol maupun masyarakat.

“Setelah itu akan disampaikan ke KPU RI dan KPUD Sumsel. Masukan parpol tidak valid, tapi tetap menjadi masukan. Intinya parpol harus tetap menerima putusan KPU RI tentang penetapan jumlah dapil,” kata leo.

Selain itu lanjut leo, sejumlah parpol tetap mempertahankan usulan lima dapil. Hal ini karena masih sesuai dengan prinsip-prinsip penataan dapil terutama prinsip kesinambungan yang merupakan prinsip penataan dapil yang memperhatinkan komposisi dapil pada Pemilu sebelumnya.

“Komposisi lima dapil ini juga sudah digunakan dalam Pileg 2009 dan 2014. Ini menunjukan prinsip penataan dapil berdasarkan intregritas wilayah telah sesuai dengan prinsip-prinsip penataan dapil yang benar,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris DPC Partai Golkar OKU Timur, M Jamil mengatakan, Partai Golkar tetap menginginkan lima dapil, karena itu sesuai dengan aspek yuridis, historis, geografis dan konsepsional.

“Kalau dapil berubah sebelum pemilihan itu akan merubah semua dari awal. Tapi kalau berubahnya sesudah pemilihan itu tidak apa – apa,” ujarnya.

Hal sama juga dikatakan Ketua DPC Partai Demokrat OKU Timur, Ibrahim, pihaknya juga menginginkan lima dapil. “Kami tidak setuju jika ada perubahan jumlah Dapil,” tegasnya.

Sekedar informasi, pengelompokan untuk lima dapil. Yakni dapil 1 Martapura, Bunga Mayang, Jayapura dan BP Peliung. Dapil 2 BP Bangsa Raja, Buay Madang dan Buay Madang Timur.

Kemudian, dapil 3 Belitang Madang Raya, Madang Suku I, Madang Suku II, dan Madang Suku III. Dapil 4 Semendawai Barat, Cempaka, Semendawai Suku III, Semendawai Timur, Belitang Mulya. Dapil 5, Belitang, Belitang II, Belitang III, Belitang Jaya.

Berdasarkan keputusan KPU RI Nomor 4/PL.01.3-Kpt/03/KPU/I/2018, tentang jumlah penduduk kabupaten/kota dan jumlah kursi DPRD kabupaten/kota dalam Pemilu tahun 2019, jumlah data kependudukan perkecamatan di OKU Timur berjumlah 633.810 jiwa.