Terkait Kasus Penipuan Biro Abu Tours, Begini Kata Kakankemenag OKU Timur

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Kasus penipuan Penyelenggara Ibadah Haji dan Umroh yang dilakukan oleh PT. Amanah Bersama Ummat yang kerap disebut dengan Abu Tours yang terjadi membuat resah masyarakat. Menanggapi hal tersebut Kantor Kementerian Agama (Kemenag) OKU Timur mengadakan rapat terkait dengan mencuatnya kasus penipuan tersebut. Rapat berlangsung di Ruangan PPID Kemenag OKU Timur.

Menurut Kakankemenag OKU Timur H Abdul Rosyid melalui Kasi PHU H. Budiman, S.Pd.I mengatakan, pihaknya menghimbau kepada masyarakat OKU Timur yang telah mendaftarkan diri untuk melaksanakan ibadah Haji dan Umroh dengan melalui agen travel tersebut yang sampai saat ini belum ada kepastian berangkat, agar kiranya segara melaporkan kepada Kantor Urusan Agama (KUA) atau langsung mendatangi Kemenag OKU Timur melalui Kasi PHU.

Selain itu, lanjut Budiman, bahwa hasil dari rekapitulasi berkas permohonan yang sudah mendaftar untuk Haji dan Umroh yang terdaftar melalui Biro Abu Tours sebanyak 90 jamaah yang berasal dari 20 Kecamatan yang ada di OKU Timur.

“Tidak menutup kemungkinan dari sekian banyak yang sudah terdaftar terhitung dari bulan Juli s/d sekarang ada yang belum berangkat, sampai saat ini dirinya belum mendapatkan laporan terkait dengan perihal tersebut,” katanya.

Sementara itu, H. Syarip selaku Kasi Bimas Islam menambahkan, dirinya menyampaikan saat ini pihak Kemenag sudah mengintruksikan kepada Kepala KUA se-OKU Timur untuk bersama-sama saling memberikan informasi dan membuka layanan pengaduan agar jamaah yang masih terkendala dengan keberangkatannya agar segera melaporkan kepada Kemenag Kabupaten atau KUA Kecamatan.

“Bagi masyarakat yang ingin melaporkan hal ini silahkan melalui KUA di Kecamatan atau langsung datang ke Kemenag OKU Timur, agar kita dapat membantu,” ujarnya.