Ilustrasi Dana desa

KABAROKUTIMUR.COM | OKUTIMUR – Dana Desa untuk 305 Desa yang ada di Kabupaten OKU Timur akan segera dicairkan sebesar 20 persen, Senin (26/2/2018) ke rekening masing-masing desa. Demikian diungkapkan Bupati OKU Timur HM Kholid MD dalam acara Musrenbang di Kecamatan Semendawai Suku III di hadapan Camat dan ratusan Kades akhir pekan lalu (25/2/2018).

Menurut Kholid, pencairan dana desa tahap pertama dilakukan sebesar 20 persen atau dengan jumlah dana sekitar Rp 41 Miliar. Kemudian untuk tahap kedua 40 persen dan tahap ke tiga 40 persen akan dilakukan jika pencairan sebelumnya tidak ada masalah. Dalam pencairan dana desa tersebut, Kholid mengingatkan kepada camat agar tidak menyalurkan dana desa kepada desa, jika pembangunan di tahun lalu menggalami kendala atau belum selesai.

“Jadi kalau ada Kepala Desa yang belum menyelesaikan pembangunan infrastruktur dan administrasi, dana desa belum bisa disalurkan. Jadi saya ingatkan kepada camat jangan coba-coba menyalurkan dana desa kepada desa yang masih ada permasalahan pembangunan di desanya. Kalau ada camat yang melangar maka camat itu akan saya copot,” katanya.

Dia juga berharap kepada kepala desa agar bisa menggunakan dana desa sesuai dengan peruntukannya. Terutama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat desa. Karena dana desa selain untuk pembangunan infrastruktur juga untuk pemberdayaan masyarakat, dengan tujuan peningkatan ekonomi,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) H Rusman SE MM membenarkan jika dana desa saat ini sudah berada di kas daerah dengan jumlah Rp. 41 Miliar. Kemudian penyaluran dana desa saat ini dilakukan dalam tiga tahap, tidak seperti tahun lalu yang dilakukan dalam dua tahap saja.

“Kalau tahun lalu penyaluran dana desa dilakukan selama dua tahap. Tahun ini dilakukan tiga tahap, untuk tahap pertama sebesar 20 persen untuk pembangunan, tahap kedua 40 persen untuk pembangunan dan tahap ke tiga 40 persen untuk pemberdayaan atau peningkatan ekonomi masyarakat seperti BUMDes,” jelasnya.