UKK Bisa Menjadi Bekal Siswa Setelah Lulus

loading...

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan salah satu rangkaian kegiatan ujian yang harus diikuti siswa kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Ini sebagai salah satu syarat kelulusan untuk mendapatkan sertifikat sesuai program Kejuruan yang diambil oleh masing-masing siswa.

Hal serupa dengan SMK Negeri 1 Martapura yang mengadakan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) yang diikuti oleh 282 siswa. Kegiatan ujian ini meliputi jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, Multimedia, Tenik Kendaraan Ringan, Teknik sepeda Motor, Teknik Intalasi Tenaga Listrik. Pelaksanaan ujian selama Enam hari dimulai pada tanggal 26 Februari 2018 sampai 3 Maret 2018.

Menurut Kepala SMK Negeri 1 Martapura Kabupaten OKU Timur Drs. Ribut Setiadi, sebenarnya berdasarkan jadwal dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan pelaksanaan ujian ini dilaksanakan 19 Maret Sampai dengan 9 April 2018 nanti. Namun karena jadwalnya berdekatan dengan simulasi UNBK SMP dan SMA. Serta hampir keseluruhan peralatan yang ada ini di pakai untuk simulasi UNBK maka pihaknya minta dimajukan jadwal dengan Dinas pendidikan Provinsi Sumatera Selatan.

“Soalnya peralatan yang digunakan untuk simulasi UNBK nanti, sebagaian dipakai juga untuk pelaksanaan UKK ini. Makanya kita minta izin majukan jadwal ke Dinas Pendidikan Provinsi dan alhamdulillah diberikan izin,” kata Ribut saat diwawancarai, Senin (26/2/2018).

Lanjut Drs Ribut yang juga ketua MKKS SMK Kabupaten OKU Timur, untuk di wilayah OKU Timur ada 32 sekolah SMK yang mengikuti UKK secara serentak, diantaranya 27 sekolah SMK penyelenggara, dan 5 sekolahnya gabung karena belum bisa melaksanakan sendiri dan belum mencukupi syarat.

“Hari ini juga bukan hanya SMKN 1 Martapura saja yang melaksanakan UKK, namun seluruh sekolah SMK Negeri dan swasta se-Kabupaten OKU Timur juga melaksanakan UKK,” lanjutnya.

Dirinya juga menambahkan, pihak SMKN 1 Martapura juga mengundang tim penguji dari luar lingkungan sekolah. Tim penguji ini untuk menguji masing-masing jurusan. Untuk Jurusan Teknik Komputer Jaringan dan Multimedia tim pengujinya dari AKMI Baturaja dan Teknik Kendaraan Ringan dari PT Intan Berlian Utama Motor Baturaja. Sedangkan untuk Teknik Sepeda Motor dari PT Thamrin Yamaha ada juga dari PT Garuda Sakti Elektrik OKI yang menguji jurusan Teknik instalasi tenaga listrik.

“Sengaja kita mendatangkan tim penguji dari luar lingkungan sekolah, agar kemampuan dan keahlian siswa dan siswi dalam melaksanakan UKK dari masing-masing jurusan dapat teruji dengan baik, serta mendapatkan sertifikat yang menjadi bekal siswa setelah lulus sekolah,” tambahnya.